Erabaru.net. Meng-zi atau Mencius, seorang filsuf Tiongkok kuno pernah mengatakan : “Sifat manusia itu pada dasarnya baik”.

Seperti misalnya ketika seseorang melihat anak kecil jatuh ke dalam sumur, alam bawah sadarnya akan segera menyelamatkan anak itu.

Tindakan ini bukan untuk menyenangkan orangtua dari anak tersebut, atau untuk mendapatkan pujian dari orang-orang, tapi sepenuhnya terlintas dari sifat alami manusia.

Mungkin cerita seorang remaja Rusia ini bisa kita jadikan bukti arti sebenarnya dari sifat baik manusia itu!

Vyacheslav Karpjuk, seorang ayah di Omsk, Rusia, beberapa waktu lalu bersepeda bersama istri dan ketiga anaknya di Sungai Irtysch.

Karena anak-anak merasa lelah,mereka pun memutuskan untuk pulang lebih awal, mereka berhenti di jalan setapak di tepi danau.

Saat itu, Vyacheslav sedang sibuk memeriksa pedal sepeda dan mengisi angin, sementara istrinya menjaga anak bungsu mereka.

Sedangkan kedua anak perempuannya yang masing-masing berusia 5 dan 7 tahun bermain pinggir danau.

Tiba-tiba terdengar suara gemuruh dari permukaan air, saat Vyacheslav dan istrinya mengengok ke araha sura, kedua putrinya telah jatuh ke dalam air dan sedang meronta.

Vyacheslav segera terjun ke air untuk menyelamatkan anak-anaknya, sementara istrinya tampak panik sambil berteriak minta tolong di pinggir danau.

Meski Vyacheslav telah berenang di samping putrinya, tapi karena air sungai itu sangat dingin, sehingga membuat kakinya nyaris mati rasa.

Mereka bertiga tidak kuat untuk naik ke atas, saat itu Vyacheslav dicengkram erat oleh dua anak perempuannya, dan terlihat ketiga orang itu akan segera mengalami bencana yang mematikan.

Meski orang-orang yang kebetulan lewat langsung melaporkan peristiwa tersebut kepada pihak berwajib.

Karena situasinya darurat, mereka pun ikut panik memikirkan cara menarik mereka ke atas.

Beberapa orang mencari tali di sekitar dan melempar ujungnya ke arah ketiga orang yang terjebak di dalam air yang dingin.

Tapi saat itu tangan dan kaki Vyacheslav sudah beku di danau, sehingga tidak bisa mengikatkan tali itu ke badan mereka.

Saat situasinya semakin kritis, tiba-tiba seseorang langsung terjun ke sungai dan berenang ke arah tiga orang itu.

Dan akhirnya berkat pertolongan orang itu, ayah dan kedua anak perempuannya berhasil naik ke darat.

Kemudian, mereka baru tahu sosok orang yang berani itu ternyata seorang remaja tanggung.

Vyacheslav berkata dengan penuh haru : “Di antara orang-orang yang berkerumun ketika itu, hanya anak muda ini yang langsung melompat ke sungai untuk menyelamatkan kami, jika bukan karena keberaniannya, saya dan kedua anak perempuan saya sudah lama tenggelam!”

Pemerintah setempat yang mengetahui hal itu kemudian memberikan medali sebagai apresiasi atas tindakan heroik pemuda tersebut.

Setelah diliput media setempat, orang-orang baru tahu dengan masa lalu yang mengejutkan dari remaja tersebut.

Menurut laporan media, remaja bernama Sasha Yergin itu hidupnya sangat getir.

Ayahnya tidak mau merawatnya, jadi dia hanya hidup berdua bersama ibunya, namun, karena masalah alkoholisme, sehingga ibunya kehilangan hak pengasuhannya. Hingga akhirnya Sasha terpaksa hidup bersama dengan neneknya.

Nenek dan cucu yang malang ini hidup serba kekurangan, namun, reputasi Shasha juga tidak baik di daerah setempat.

Dan karena tak ingin ditindas, Sasha pun mau tidak mau harus menjadi lebih berani, sehingga kerap berkelahi dan membuat masalah.

Oleh penduduk setempat ia dipandang sebagai remaja nakal, tapi siapa pun tak menyangka, remaja nakal yang selalu membuat onar ini justru menjadi pahlawan yang menyelamatkan tiga nyawa.

Pasca peristiwa itu, pandangan penduduk setempat terhadapnya mulai berubah, setelah memahami latar belakang Sasha.

Banyak orang yang menyatakan bersedia membantunya, mereka percaya bahwa meski di masa lalu Sasha selalu membuat onar, tapi pada dasarnya ia adalah seorang remaja yang baik

Mudah-mudahan dengan bantuan para penduduk setempat, bisa membuat remaja yang menyimpang ini kembali ke jalan yang benar!

Meski Sasha kerap berkelahi dan membuat onar, adalah sosok seorang pengacau di mata penduduk setempat. tapi saat menyelamatkan orang, tanpa mempedulikan dirinya sendiri, kita bisa melihat dari sifat bawaannya yang pada dasarnya memang baik! (jhn/yant)

https://www.youtube.com/watch?v=kAj8SSypS54&feature=youtu.be

Sumber: ptt01.cc

Share

Video Popular