Erabaru.net. Penyampahan dan polusi di laut merupakan keprihatinan yang terus berlanjut bagi para pemerhati lingkungan, terutama ketika ada laporan tentang hewan yang sekarat ataupun terluka.

Namun, tidak banyak orang yang akan memikirkan tentang betapa kotornya lautan sampai foto-foto parah tentang pencemaran laut semacam itu muncul di berita atau internet, seperti misalnya, foto kumang ini.

Pada bulan September, sebuah foto menyeramkan dari seekor kumang, yang membawa-bawa kepala boneka muncul di Internet.

ntd.tv

Foto tersebut, yang diyakini telah diambil di Pulau Henderson, Kepulauan Pitcairn di Samudra Pasifik, menampilkan seekor kumang yang menggunakan kepala boneka sebagai rumah.

Kepalanya menyerupai Babyface, karakter film Toy Story.

Dengan kemiripan antara kepala boneka itu dan karakter Toy Story, seorang pengguna media sosial menulis, “Toy Story benar-benar NYATA!!!”

Babyface / Pixar Wiki

Walaupun ternyata itu hanyalah seekor kumang kecil, namun ketika warganet melihat foto tersebut, beberapa mengomentari sambil mengangkat isu pencemaran lingkungan, yang menjadi salah satu masalah utama bagi dunia kelautan di masa kini, dan bagaimana sesungguhnya si pengambil foto sedang berusaha menyampaikan pesan lewat fakta ini kepada dunia.

Salah seorang menulis, “Saya melihat ini di twitter, ahli biologi yang mengambil gambar itu menyampaikan pesan tentang pencemaran laut.”

“Foto ini sebenarnya lebih menyedihkan daripada menyeramkan, karena hal-hal seperti ini terjadi, biasanya akibat kurangnya kerang yang tersedia untuk para kumang, yang mana mereka butuhkan untuk dijadikan rumah. Jangan kumpulkan kerang-kerang kosong dari daerah pantai. Kumang-kumang itu sangat membutuhkannya,” tulis yang lain.

Sebuah pembuka mata perihal betapa banyaknya sampah plastik yang mencemari lautan kita! (Anggi/ Jul)

Sumber: ntd.tv

Share

Video Popular