Erabaru.net. Membesarkan anak memang tidaklah mudah, setiap Ibu memiliki gaya unik masing-masing tentang bagaimana mendidik anak-anak mereka, ataupun menafsirkan apa yang sesuai bagi mereka.

Tatiana Ivanko adalah seorang Ibu di Rusia, yang sangat khawatir dengan pendidikan putrinya.

Sebelum mendaftarkannya di sekolah untuk pertama kali, dia berupaya keras untuk mengajaknya belajar menulis di rumah, sebuah praktik yang dilakukan banyak orang tua, sehingga nanti anak-anak ini terbiasa dengan tata letak huruf yang akan mereka pelajari di sekolah.

Namun, tidak seperti metode tradisional, Ibu luar biasa ini telah merancang sistem pengajarannya sendiri.

Ilustrasi: Google Images

Metode pena hijau.

Tatiana percaya bahwa metode baru ini akan merevolusi cara anak belajar.

Menurutnya, salah satu kesalahan utama yang dimiliki sistem pendidikan saat ini adalah penekanan yang berlebihan pada kesalahan.

Praktis sekolah menampilkan dirinya sebagai lingkungan yang tidak bersahabat bagi anak, yang secara bertahap akan membuat anak-anak melihat tugas mereka sebagai sesuatu yang membosankan, karena cara negatif yang diterapkan oleh guru mereka di sekolah.

Setiap kali seorang anak latihan menulis, para guru akan membuat lingkaran merah pada setiap kesalahan, menunjukkan mana-mana saja yang salah.

Sangat sedikit yang menekankan pada pemberian “pujian” saat seorang anak melakukan hal yang tepat, semua berfokus pada memberitahu ketika anak itu salah.

Dengan begitu, lama kelamaan, seorang siswa akan memandang bahwa pelajaran yang mereka ikuti, hanyalah sesuatu yang harus mereka jalani, sambil menghindari kritikan akibat kesalahan yang mereka lakukan.

Tentu saja belajar dengan cara seperti ini tidak akan terasa menyenangkan.

Apa yang akan terjadi jika sistem pendidikan kita lebih menekankan pada penghargaan daripada menghukum? Hal itulah yang Ibu ini sebut metode pena hijau!

Menurut Tatiana, putrinya telah menunjukkan kemudahan yang fenomenal saat menampilkan tulisannya.

Berbeda dengan guru lainnya, Ibu ini bertugas untuk menunjukkan dengan lingkaran hijau, masing-masing huruf yang ditulis dengan cara yang benar.

real-parents.ru/

Dengan cara ini, anak Anda akan menjadi bersemangat dan mencoba mendapatkan goresan yang lebih baik, agar bisa dikenali kemenangannya, dan mereka akan lebih sedikit merasa bosan.

Google Images

Stimulus positif semacam ini juga bisa diterapkan pada tingkat pendidikan lainnya. Bayangkan! Alih-alih para profesional merasa frustrasi karena dipenuhi pikirannya oleh kesalahan, kita bisa memiliki generasi profesional baru, yang bisa meraih kesuksesan lebih besar dan lebih sedikit mengalami stres. (Anggi/ Jul)

Sumber: real-parents.ru

Share
Kategori: ANAK-ANAK PARENTING

Video Popular