Erabaru.net. Matematika selalu menjadi topik yang kompleks bagi sebagian besar orang.

Dengan memiliki lebih dari satu juta teori dan persamaan untuk memecahkan suatu masalah matematika, kita tidak pernah mendapatkan solusi yang mudah.

Sebuah persamaan populer telah dibiarkan tidak terpecahkan selama lebih dari 70 tahun.

Namun sekarang, seorang wanita dari India ini datang untuk menyelesaikan masalah ini, dan membuat bangga ayah dan suaminya!

Neena Gupta, seorang ahli matematika telah memenangkan National Academy Award India (INSA) karena berhasil memecahkan persoalan persamaan matematika yang belum terpecahkan selama 70 tahun!

Credits: news mobile.in

Sementara matematikawan dari seluruh dunia tetap bingung di balik misteri Zariski Cancellation Conjecture, salah satu soal persamaan matematika yang belum terpecahkan ini selama 70 tahun terakhir.

Neena yang merupakan seorang doktor telah memberikan solusi untuk memecahkan persoalan sulit tersebut.

Tidak seperti orang-orang berprestasi lainnya yang terus-menerus berburu penelitian untuk sampai ke luar negeri dan memperluas wilayah penelitian mereka, Neena ingin tinggal di India dan bekerja sebagai dosen tetap di fakultas di INSA.

Dia juga seorang dosen tamu di Tata Institute of Fundamental Research di Mumbai dan seorang ilmuwan tamu di Indian Statistical Institute, Kolkata.

Credits: Quora.com

Dia adalah penerima penghargaan Ramanujan (2014) dan Medali Saraswatir Cowsik (2013) yang diberikan oleh Asosiasi Alumni Institut Studi Dasar (TIFR).

Bagi siapa pun yang percaya pada pemahaman bahwa wanita adalah ‘sebuah masalah’ di negara India, Neena telah membuktikan semua pemahaman itu salah, dengan ‘memecahkan’ sebuah misteri matematika yang tak terselesaikan selama 70 tahun! (intan/rp)

Sumber: www.ntd.tv

 

Share

Video Popular