Erabaru.net. Sepertiga dari kehidupan kita dihabiskan di tempat tidur. Setiap hari kita juga akan menggunakan kasur dalam waktu yang lama. Tapi sebenarnya apa sih yang ada di kasur?

Ms. Ho menggunakan kasur suatu merk terkenal, dia membelinya seharga 10 juta ketika itu, dan telah digunakan selama 10 tahun, kasurnya masih bersih dilihat dari permukaan, dan masih kokoh.

Namun setelah dibedah, dan begitu dilihat dengan alat pendeteksi yang dilengkapi dengan perbesaran hingga 400 kali, terlihat gambar yang sangat mengerikan.

Di layar detektor itu terlihat telur-telur serangga dan tungau yang mengerikan di sana.

Jadi, jangan berpikir kasur yang terlihat bersih dan masih bagus itu tidak mengandung bakteri atau tungau yang bersarang disana.

Kasur yang telah digunakan selama 3 tahun, dan tidak dibersihkan, maka paling tidak terdapat satu miliar bakteri yang bersarang disana. Jika kasur sudah digunakan lebih dari 10 tahun, maka sebaiknya diganti dengan kasur yang baru.

Lantas bagaimana membersihkan kasur yang tebal dan berat?

Dengan penyedot debu

Dengan vacuum cleaner, semua kotoran yang tersedot bisa terlihat.

Perhatian! Jika menemukan ada celah atau cekungan di kasur, maka harus lebih seksama dalam membersihkannya, karena pasti banyak kotoran yang menyelinap disana.

Baking soda

Taburkan baking soda ke atas kasur, tunggu selama 30 menit untuk menghilangkan bau tak sedap, baru kemudian sedot dengan vacuum cleaner.

Jika aromanya cukup tajam, tambahkan beberapa tetes minyak esensial dalam baking soda.

Bila kasur bernoda, dibersihkan dengan handuk basah

Campurkan baking soda dan air, aduk merata dan taburkan pada noda di kasur, lalu gunakan sikat gigi dan sikat secara perlahan-lahan.

Biarkan beberapa menit, baru kemudian lap dengan kain basah, maka noda pun lenyap !

Karena kasur tidak boleh dibiarkan basah, maka gunakan kipas angin untuk mengeringkannya. Pastikan kasur sudah kering sebelum digunakan.

Beberapa saran tentang perawatan kasur

  • Untuk memperpanjang usia penggunaan kasur, balikkan kasur setiap 3 bulan sekali.
  • Jaga kebersihan. Jemurlah kasur saat cuaca cerah, jangan langsung berbaring atau tidur seusai mandi atau berkeringat.
  • Jangan duduk di pinggir kasur, karena 4 bagian pojok kasur adalah yang paling rapuh. Oleh karena itu, jika duduk di pinggir kasur dalam waktu yang lama, akan mengakibatkan “per” kasur cepat rusak, dan dapat mempengaruhi kualitas tidur.

Jadi, jagalah kebersihan dan rawatlah kasur Anda.(jhn/yant)

Sumber: twgreatdaily

Share
Tag: Kategori: KELUARGA PARENTING

Video Popular