Erabaru.net. Kita semua tahu semua sayuran adalah menyehatkan. Dalam setiap sayuran terkandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Jadi kita wajib menyertakan sayuran dalam diet harian kita.

Berikut adalah 10 jenis sayuran yang wajib untuk dimakan.

Bawang merah

Bawang merah yang dimakan mentah memberi kadar antioksidan yang maksimal untuk melawan kanker; memasak bawang merah pada suhu tinggi akan mengurangi manfaat fitokimia yang melindungi tubuh terhadap kanker paru dan kanker prostat.

Jagung

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural Food and Chemistry menemukan bahwa semakin lama jagung dimasak, maka semakin tinggi kadar antioksidan seperti lutein, yang memerangi kebutaan pada orang yang berusia tua.

Kacang polong

Kecil tetapi perkasa. Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer menemukan bahwa makan kacang hijau dan kacang polong setiap hari akan menurunkan risiko kanker lambung.

Kale

Daun hijau keriting kale sangat kaya mengandung vitamin C, suatu antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar LDL, atau kolesterol “jahat”.

Brokoli

Brokoli kaya akan antioksidan melawan kanker. Sebuah studi menemukan pria yang makan 5 porsi atau lebih per minggu sayuran cruciferous (termasuk sayuran hijau ini!) Setengahnya cenderung mengembangkan kanker kandung kemih selama periode 10 tahun adalah pria yang jarang memakannya.

Paprika merah

Sebuah paprika merah ukuran sedang mengandung sedikit kalori (hanya 32 kalori!) namun sangat kaya mengandung vitamin C, di mana mengandung 150 persen nilai kebutuhan vitamin C harian yang dianjurkan guna mencegah aterosklerosis, sehingga dengan demikian akan terhindar dari penyakit jantung.

Bayam

Bayam mengandung antioksidan karotenoid yang meningkatkan kesehatan mata dan membantu mencegah degenerasi makula, penyebab utama kebutaan pada orang yang berusia tua. Makan bayam akan mempermudah penyerapan lutein (karotenoid) oleh tubuh.

Kecambah alfalfa

Kecambah alfalfa menambah tenaga untuk tubuh serta kaya akan karoten-beta, suatu antioksidan yang mencegah terjadinya kanker paru dan membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, kuku, gusi, kelenjar, tulang, dan gigi.

Kecambah alfalfa juga merupakan sumber vitamin E yang baik, yang dapat mencegah serangan jantung, stroke, dan menurunkan risiko kematian akibat kanker kandung kemih.

Kubis Brussel

Kubis Brussel mengandung antioksidan yang berfungsi membuang radikal bebas penyebab kanker.

Setengah cangkir kubis Brussel mengandung 80 persen kebutuhan vitamin C harian untuk mencegah terjadinya penyakit jantung dan menangkal katarak.

Bit

Akar bit dapat dipanggang atau dibuat acar. Bit mengandung kadar antioksidan yang tinggi yang bermanfaat untuk melawan kanker, juga mengandung lutein yang bermanfaat untuk melindungi mata.

Jangan membuang daun bit! Karena daun bit adalah bagian yang paling bergizi dari tanaman bit dan dapat dimasak seperti sayuran berdaun hijau lainnya.(vivi/yant)

Sumber: rd.com

Share
Tag: Kategori: SEHAT

Video Popular