Erabaru.net. Bagi wanita normal yang beruntung, rasa sakit karena melahirkan anak mungkin merupakan kehidupan terhebatnya. Ketika akan melahirkan, ibu hamil berjuang dalam penderitaan.

Sementara itu, apa yang dilakukan dokter dan perawat yang ada di sekitarnya saat persalinan?

Terkadang akan menimbulkan beberapa kesalahpahaman : Ibu yang sedang melahirkan tengah berjuang diiringi rasa sakit yang tak tertahankan, sedangkan dokter dan perawat tidak banyak peduli, mereka hanya menyaksikan dari samping.

Apa sebenarnya yang mereka kerjakan saat ibu hamil akan melahirkan ?

Konfirmasi tanda-tanda kelahiran

Setelah ibu hamil yang akan segera melahirkan ke rumah sakit, hal pertama yang harus dilakukan dokter adalah memeriksanya.

Pada saat ini, perlu periksa kondisi leher rahim dan posisi janin, untuk memastikan apakah ibu hamil tersebut bisa segera memulai proses persalinan.

Beberapa hari selama masa periode masa malahirkan, proses pemeriksaan ini harus dilakukan secara berulang.

Menentukan kondisi janin

Prenatal atau sebelum lahir, dokter akan lebih dulu membuat penilaian terhadap janin, untuk mengetahui kondisi kesehatan dan apakah cocok untuk persalinan.

Dokter yang berpengalaman cukup menyentuh perut si ibu hamil, dan mendengarkan dengan stetoskop, sudah bisa tahu apakah janin itu sehat atau tidak, namun sebagian besar dokter perlu memeriksa dengan pengujian ultrasonik untuk menilainya.

Suntikan oksitosin

Agar leher rahim terbuka lebih cepat, mengurangi rasa sakit, kebanyakan dokter akan memberi suntikan bagi ibu hamil, untuk mengurangi rasa sakit.

Persiapan mencukur rambut kemaluan, kateterisasi urine dan persiapan lainnya

Dalam keadaan normal, petugas medis akan mencukur rambut kemaluan ibu hamil yang akan segera melahirkan, untuk menghindari infeksi bakteri pasca melahirkan.

Selain itu, juga persiapan proses enema dan kateterisasi dan persiapan lainnya, sehingga memudahkan ekskresi ibu hamil untuk mencegah tenaga yang berlebihan saat melahirkan, dan infeksi yang tidak perlu.

Penanganan tali pusar, plasenta dan penanganan lainnya

Setelah selesai melahirkan, saatnya bagi dokter untuk menangani tali pusar janin dan plasenta.

Pada suatu pekerjaan tertentu, dimana bagi ibu hamil yang kurang beruntung mungkin akan sedikit menderita, karena dokter harus menjulurkan tangannya langsung ke rahim, untuk membersihkan plasenta yang tersisa, jangan sampai ada sisa di dalamnya.

Sementara bidan lain akan membantu bayi mandi, menimbang, memakai baju, menyelesaikan proses kelahiran.

Membantu menghasilkan ASI dan sebagainya

Setelah melakukan semua persiapan di atas, para perawat akan lebih dulu meletakkan si bayi ke sisi ibunya untuk menyusu, dan terakhir bayi dan ibunya akan dipisahkan untuk istirahat.(jhn/yant)

Sumber: kknews.cc/Jhn

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds