Erabaru.net. Setelah bertahun-tahun melakukan studi psikologis, telah ditemukan bahwa pemikiran dan ingatan yang kompleks di diri kita, terkait dengan banyak proses kimia dan fisik yang terjadi pada tubuh.

Setelah mengetahui hal ini, adalah mungkin untuk menyesuaikan gaya hidup kita, untuk mengembangkan beberapa keterampilan mental, seperti ingatan.

Ada banyak cara untuk meningkatkan daya ingat, yang penting adalah mengetahui bahwa ingatan itu terbagi menjadi dua bidang: ingatan jangka pendek (pembelajaran sementara), dan ingatan jangka panjang (reinforced learning).

Tujuan kita adalah untuk memudahkan transit dari ingatan jangka pendek hingga ingatan jangka panjang pada otak, sehingga kita bisa mengingat dengan lebih cepat segala hal yang kita inginkan. Untuk itu, kita bisa mengikuti tip-tip bermanfaat ini.

1. Latihlah ingatan visual Anda

weheartit.com

Disebut juga fotografi atau eidetik, yang bertanggung jawab untuk memberi kita kenangan akan benda, tempat, atau orang yang kita lihat. Untuk melatihnya kita perlu mengamati dan menganalisa semua detail dari beberapa tempat, lalu menutup mata kita selama beberapa menit, kemudian mencoba mengingat semua yang kita lihat. Anda bisa melakukan ini dengan layar komputer Anda, visualisasikan setiap objek, tutup mata Anda dan cobalah untuk mengingatnya.

2. Nikmati musik favorit Anda

weheartit.com

Efek Mozart yang terkenal berawal dari penemuan akan kemampuan musik untuk merangsang proses kognitif di otak. Dengarkan lagu yang Anda suka atau coba genre baru. Dengan meningkatkan pengaruh musik terhadap hidup Anda, Anda akan mendapatkan ingatan yang lebih baik.

3. Cukup tidur!

weheartit.com

Seperti yang mungkin Anda ketahui, orang dewasa seharusnya tidur enam sampai delapan jam, sesuatu yang sangat sulit bagi beberapa orang dengan rutinitas yang agak padat dan menuntut. Para ilmuwan telah menemukan bahwa dengan tidur siang selama sekitar 20-30 menit untuk mengompensasi kehilangan tidur di malam hari, adalah mungkin untuk memperbaiki kemampuan kita dalam mengingat.

4. Cokelat merupakan makanan ajaib bagi otak

weheartit.com

Dua kata: irigasi serebral. Berkat fakta bahwa dapat coklat merangsang peningkatan suplai darah di otak kita, sehingga makanan ini bisa membantu dalam memperbaiki ingatan kita. Ingatlah untuk mengonsumsinya secara moderat, karena idenya adalah untuk menambah daya ingat, bukan untuk mengisi perut Anda.

5. Bermain untuk melatih otak Anda

weheartit.com

Saat ini ada tren permainan yang sangat sehat yang dikenal sebagai “permainan asah otak” atau “pelatihan otak,” ini adalah permainan yang unik, yang diprogram untuk meningkatkan kemampuan kognitif kita dengan cara yang menyenangkan.

Bagaimana, mudah saja bukan? (Anggi/ Jul)

Sumber: weheartit.com

Share

Video Popular