Erabaru.net. Memang benar, penampilan laba-laba tidak terlalu indah untuk dilihat, juga tidak terlalu cantik. Mungkin karena jumlah kaki dan mata mereka yang banyak, atau kemiripan mereka dengan serangga, namun apapun itu, mereka bukanlah ancaman bagi manusia, dan kita seharusnya tidak takut pada mereka.

Di berbagai tempat di seluruh dunia, tanggal 14 Maret disahkan sebagai hari untuk menyelamatkan laba-laba, itu berarti, para pelestari di seluruh dunia mencoba untuk meningkatkan kesadaran ekologis, sehingga laba-laba tidak hanya berhenti ditakuti, tapi juga berhenti dihancurkan oleh sepatu dan juga berhenti disemprot dengan insektisida.

Kami berharap, setelah mengtahui fakta-fakta ini, Anda akan sedikit lebih mengapresiasi laba-laba.

therainforestsite.com

1. Laba-laba adalah pemburu yang cerdik

Beberapa laba-laba menusuk mangsanya. Yang lain menjebak mereka di jaring halus. Bahkan ada yang membuat lubang di tanah dan mengisinya dengan jaring, menunggu mangsanya jatuh. Dan sisanya? Ada laba-laba yang secara individu menggunakan metode unik untuk menangkap mangsanya.

2. Bumi adalah rumah besar Anda

Jumlah pasti spesies arachnida (laba-laba) tidak diketahui. Namun pada tahun 2014, ada lebih dari 45.000 spesies berbeda yang telah diidentifikasi. Ya, 45.000! Dan mereka ada di seluruh planet ini.

Hal terbaik adalah bahwa setiap benua, bahkan hampir setiap wilayah, memiliki laba-laba yang spesifik untuk daerah itu. Misalnya, tarantula, salah satu spesies laba-laba paling serbaguna dalam hal iklim, dapat ditemukan di semua benua, kecuali di Antartika. Anda bahkan tidak akan menemukannya di Kanada atau di Amerika Serikat bagian Utara.

3. Mereka membantu kita untuk mengakhiri kelaparan

Sangat membantu! Anda tidak akan percaya betapa pentingnya laba-laba dalam dunia pertanian. Alasannya karena mereka memakan serangga, ratusan serangga. Mereka akan memakan serangga dan hama lainnya yang berbahaya bagi tanaman. Artinya jika mereka tidak makan, kita juga tidak makan.

4. Kekuatan jaringnya yang luar biasa

therainforestsite.com

Tahukah Anda bahwa jaring laba-laba lebih kuat daripada baja? Dan laba-laba punya banyak jaring! Mereka juga memiliki banyak kegunaan untuk jaringnya, termasuk menangkap mangsa, berpindah tempat, sebagai sarang, dan lain-lain! Mereka bahkan bisa menjadikan jaringnya sebagai makanan mereka sendiri!

Jaringnya juga bisa digunakan sebagai peringatan bagi hewan lain, semacam batas wilayah. Dengan adanya jaring laba-laba, sekaligus mengatakan bahwa mereka ada disana, dan Anda sedang memasuki wilayah mereka.

Untuk manusia sendiri, seringkali hjaring laba-laba dijadikan pengingat saat menjelajahi suatu tempat baru yang sudah lama terabaikan, Anda bisa melihatnya sebagai penunjuk jalan untuk tahu bagaimana pulang ke rumah.

5. Mereka memiliki kekuatan super

therainforestsite.com

Oke, mungkin secara teknis ini bukan “kekuatan super,” namun beberapa laba-laba yang akan meloncat, memiliki kemampuan untuk mengaburkan penglihatan mereka. Itu berarti mereka dapat mengukur jarak dengan membandingkan gambar yang jelas dengan yang kabur.

Bagaimana mereka bisa melakukan itu? Menurut komunitas ilmiah, semua ada hubungannya dengan warna hijau. Perbandingan yang bisa mereka ciptakan, membantu mereka untuk mengukur jarak sebelum melompat menuju mangsa mereka (pada jarak yang lebih jauh = kabur, dekat = tajam). Tapi kenapa hijau? Tidak mudah untuk menjelaskannya, namun warna hijau bisa membuat seseorang atau suatu binatang untuk menilai lebih baik daripada warna merah.

6. Mereka selalu menggunakan jubah anti air

Apakah Anda tahu kain anti air baru yang dipakai para petualang sekarang? Laba-laba juga memiliki rambut yang tidak hanya membuatnya tetap kering, tapi juga mencegahnya tenggelam. Penjelasannya sederhana: rambut ini bisa menangkap gelembung udara, yang diposisikan di bawah laba-laba untuk mengusir air, dan tentu saja, rambut itu memungkinkan mereka untuk mengapung.

7. Beberapa spesies laba-laba layak menerima Oscar

Lebih dari 100 spesies laba-laba mampu menyamarkan dirinya sebagai semut atau hewan lainnya, untuk menarik mangsa dan lalu menangkapnya, atau untuk melepaskan diri dari predator alami mereka.

Selain itu, mereka sangat mempesona sehingga mereka menjadi inspirasi bagi seniman dari segala jenis di seluruh dunia … Termasuk penulis, dan juga komikus!

therainforestsite.com
gmanews.tv

Sekarang Anda sudah tahu, hewan berkaki delapan ini, sesungguhnya sangat menakjubkan! (Anggi/ Jul)

Sumber: therainforestsite.com

Share
Kategori: SAINS SAINS NEWS

Video Popular