Erabaru.net. Jerapah memang hewan yang sangat menarik, dengan leher dan kaki panjang mereka yang selalu menimbulkan rasa heran dan kekaguman dalam pikiran manusia.

Di sebuah desa di Kenya telah teridentifikasi jenis jerapah langka yang berwarna putih!

Pada Juni 2017, seorang penduduk desa di pedesaan Kenya menggembalakan hewan-hewannya di dekat daerah konservasi Hirola, ketika dia melihat sesuatu yang mengejutkannya.

Dia melihat jerapah berwarna putih. Sebenarnya, ia juga melihat ada seekor jerapah remaja yang juga hampir berwarna putih.

Ketika tim dari Program Konservasi Hirola mendengar tentang penampakan ini, mereka memutuskan untuk menyelidiki masalah ini dan langsung meluncur ke lokasi.

Mereka menemukan bahwa apa yang dikatakan penduduk desa itu benar.

Internet

Sebenarnya ada beberapa jerapah berwarna putih. Namun hanya dua jerapah yang berhasil ditemukan.

Jerapah yang pertama ditemukan pada Januari 2016 di Taman Nasional Tarangire, Tanzania, dan yang kedua pada Maret 2016 di daerah konservasi Ishaqbini, daerah Garissa, Kenya.

Tim ini pun menghabiskan hampir 20 menit untuk mengamati dan berinteraksi dengan makhluk itu, mengambil foto dan video.

Internet

Jerapah dewasa, yang tampaknya merupakan ibu dari jerapah kecil ini, dikatakan dalam kondisi tenang, bahkan saat anggota tim mendekatinya.

Video tersebut kemudian diunggah ke internet dan dengan cepat menjadi viral, menjadi topik diskusi yang hangat. Lagi pula, tidak setiap hari orang bisa melihat jerapah putih!

Meskipun kesan pertama tentang makhluk itu adalah bahwa mereka memiliki albinisme, penjelasan yang lebih diterima adalah bahwa mereka memiliki leucisme, sebuah kelainan genetik yang menghambat pigmentasi di sel kulit.

Internet

Ada perbedaan besar antara albinisme dan leucisme. Jika hewan menderita albinisme, mereka tidak menciptakan melanin apapun, namun dalam leucism, pigmentasi ini disebabkan karena berkurangnya berbagai jenis pigmen, tidak hanya melanin.

Internet

Selain itu, hewan dengan albinisme memiliki mata kemerahan, sedangkan mereka yang memiliki leucisme memiliki warna mata yang normal, seperti anggota spesies lainnya.

Share

Video Popular