Erabaru.net. Bagi mereka yang suka bepergian, Anda mungkin bertanya-tanya apa manfaat dari memiliki paspor yang tidak memungkinkan Anda melakukan perjalanan ke semua negara di dunia.

Tapi inilah faktanya. Ini adalah paspor paling langka di dunia, dan hanya sedikit orang yang diizinkan memilikinya.

Ordo Militer Berdaulat Malta adalah paspor paling langka di dunia, dimana hanya anggota ordo Katolik ini yang diizinkan untuk memilikinya.

Beberapa pemilik paspor berwarna merah ini adalah ketua, wakil ketua, dan kanselir Ordo (dianggap sebagai warga negara).

Selain itu, sekitar 500 anggota juga diberikan paspor diplomatik.

Wikipedia

Jika Anda berpikir bahwa memiliki paspor eksklusif membuat Anda menonjol dari yang lain, Anda mungkin akan mengubah pikiran setelah mendengar tentang fakta kontra paspor yang dimaksud.

Paspor ini, meskipun eksklusif, tidak memungkinkan Anda melakukan perjalanan ke banyak negara.

Misalnya, ada beberapa negara yang tidak menerima paspor ini, yaitu termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan Selandia Baru. Banyak negara dan wilayah lain juga tidak menerima paspor ini.

Robert Matthew Festing, mantan guru besar Ordo Militer Berdaulat Malta, berpose dengan Paus Fransiskus pada tahun 2016.


GABRIEL BOUYS/AFP/Getty Images

Menurut The Sun, kedaulatan kelompok tersebut juga “diekspresikan pada pelat lisensi, perangko, dan koin.”

Ordo ini, yang merupakan salah satu institusi tertua dalam Kristiani, didirikan pada tahun 1113 oleh Paus Paskal, dan sekarang menjadi organisasi amal.

Meskipun organisasi tersebut memiliki hubungan diplomatik dengan lebih dari 100 negara dan menyediakan bantuan medis di seluruh dunia, namun organisasi tersebut tidak mengendalikan wilayah mana pun.

Saat ini ada lebih dari 13.500 ksatria, wanita terhormat, dan pendeta dalam organisasi tersebut, termasuk 25.000 karyawan medis dan 80.000 sukarelawan. (anggi/rp)

Sumber: www.ntd.tv

Share
Tag: Kategori: Uncategorized

Video Popular