Erabaru.net. Jeruk Bali memiliki aroma yang harum, rasanya asam-manis, kaya akan nutrisi, merupakan salah satu buah yang paling diminati.

Menurut kedokteran Tiongkok, Jeruk Bali rasanya manis campur asam, bersifat dingin, berkhasiat menguatkan lambung, dan pencernaan, menghilangkan dahak, dan khasiat lainnya, adalah buah yang diakui dunia medis memiliki efek terapi.

Hasil penelitian ilmu kedokteran modern menyebutkan, bagian dalam berupa daging buah Jeruk Bali kaya akan vitamin C, insulin dan sebagainya.

Sangat berkhasiat dalam menurunkan gula darah, lemak darah, dan menurunkan berat badan, juga berkhasiat untuk kecantikan dan sebagainya.

Selain itu, Jeruk Bali juga berkhasiat menguatkan lambung, menambah darah, membersihkan usus, melancarkan BAB dan khasiat lainnya juga bisa mempercepat penyembuhan luka.

Daging Jeruk Bali memiliki berbagai khasiat, begitu juga dengan kulit Jeruk Bali, namun cukup banyak yang tidak mengetahuinya.

Berikut beberapa manfaat dari kulit jeruk Bali :

1. Kulit jeruk bali ditaruh di tempat tidur, membantu tidur, berkhasiat menenangkan saraf.

2. Membantu mengangkat sel kulit mati, caranya gosok perlahan ke bagian tangan dengan kulit jeruk bali.

3. Letakkan kulit jeruk bali ke toilet, bisa secara efektif menghilangkan bau tak sedap.

4. Potong kulit jeruk bali, kemudian rebus hingga mendidih, lalu tuang ke dalam selokan/pembuangan, dapat menghilangkan bau tak sedap.

5. Kulit jeruk bali bermanfaat untuk mengatasi batuk berdahak.

6. Kulit jeruk juga bisa digunakan untuk perawatan wajah seperti mengusir komedo, sel-sel mati, jerawat dan menutup pori-pori.

7. Rebus kulit jeruk bali bisa menyembuhkan radang dingin, pneumonia pada anak.

8. Membantu kerja sistem pencernaan, kandungan serat di dalam kulit jeruk bali mampu membantu melancarkan sistem pencernaan karena dapat mengatasi sembelit, sehingga sistem pencernaan dapat menjadi lancar dan penyerapan sari makanan juga tidak terganggu.

9. Kulit jeruk bali bisa mengatasi dahak, melicinkan tenggorokan, meredakan batuk, menguatkan limpa, mengatasi panas dalam, menurunkan kolestrol dan khasiat lainnya.

Jeruk Bali untuk mengobati batuk berdahak

Ambil 100 gr daging buah jeruk bali, 10 gr kulit jeruk, dan 15 gr kencur, 10 gr jahe, gula merah secukupnya,

Rebus dengan air secukupnya hingga mendidih, dan diminum hangat-hangat.

Jeruk Bali untuk mengobati demam pada anak

Ambil 200 gr kulit jeruk bali, 200 gr daun sembung, 10 lembar daun sirih, 100 gr lengkuas diiris-iris, 100 gr akar tapak liman.

Rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Setelah hangat digunakan untuk mandi berendam pada anak yang demam selama 7 menit.

Jeruk Bali untuk mengatasi rematik

Ambil 100 gr daging buah jeruk bali, 10 gr jahe merah, dan 15 gr temulawak, 15 gr sambiloto.

Rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc disaring, tambahkan madu secukupnya, dan diminum.

Jeruk Bali memiliki beberapa manfaat baik bagi tubuh seperti melancarkan pencernaan, antikanker, mampu mengatur tekanan darah, dan menurunkan berat badan.

Dalam jeruk Bali terdapat serat penting yang disebut dengan pectin. Kandungan pectin ini mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga bila seseorang mengonsumsi jeruk Bali maka tidak akan cepat lapar hingga waktu makan berikutnya.

Dengan adanya kandungan serat pectin tersebut, proses penurunan berat badan mampu diatasi sehingga berat badan tidak mudah naik.(jhn/yant)

Sumber: happytify.cc

Share

Video Popular