Erabaru.net. Makan kubis Brussel dan minum teh hijau bisa membuat kanker payudara agresif bisa diobati, saran penelitian baru.

Penelitian menemukan bahwa senyawa pada sayuran cruciferous, seperti kecambah, dan minuman herbal tradisional akan ‘matikan’ gen kanker  ER- negatif, yang sangat tidak responsif terhadap terapi.

Bagaimana penelitian ini dilakukan

Peneliti menganalisis tikus dengan kanker payudara ER-negatif.

Mereka memberi tikus itu dua senyawa yang ditemukan pada makanan umum yang bertindak mencegah pertumbuhan kanker dan mengubah tumor menjadi bentuk kanker yang lebih mudah diobati.

Sayuran cruciferous, seperti kecambah, dipilih karena mengandung senyawa sulforafan, yang bekerja ‘mematikan’ gen yang mempengaruhi perkembangan kanker.

Polifenol yang terkandung di dalam teh hijau sebelumnya telah terbukti berkhasiat mencegah dan mengobati kanker payudara ER-negatif pada tikus yang diprogram secara genetis untuk menderita tumor tersebut.

Sayuran dan teh hijau membuat kanker payudara dapat diobati

Hasil penelitian menunjukkan senyawa yang terkandung di dalam sayuran cruciferous dan teh hijau yang dimakan tikus mengubah kanker payudara yang agresif menjadi tumor yang lebih dapat diobati.

Penulis penelitian , Profesor Trygve Tollefsbol dari Universitas Alabama di Birmingham, mengatakan: ‘Ibu Anda selalu menyuruh Anda untuk memakan sayuran, dan ilmiah saat ini membuktikan bahwa ibu Anda adalah benar. “

Penulis penelitian bernama Dr. Yuanyuan Li menambahkan: ‘Hasil penelitian ini memberikan pendekatan baru untuk mencegah dan mengobati kanker payudara ER- negatif, yang saat ini membunuh ratusan ribu nyawa di seluruh dunia.’

Temuan tersebut dipublikasikan di jurnal Scientific Reports.(vivi/yant)

Sumber: ntd.tv

Share

Video Popular