Erabaru.net. Setelah kebakaran hutan membakar habis sebagian besar wilayah Sonoma, California,AS, penduduk mulai kembali ke rumah mereka yang hancur akibat kebakaran.

Di tengah cerita pilu para korban yang telah kehilangan segalanya, ada kisah yang menjadi secercah cahaya di waktu yang paling gelap bagi mereka.

Salah satu cerita yang luar biasa, yang dimiliki oleh Roland Tembo Hendel, adalah tentang anjingnya, Odin, yang sikap keras kepalanya bisa menyelamatkan ternak mereka, meski seluruh rumah mereka telah terbakar habis dilalap si jago merah.

Pada malam hari kebakaran itu, api membakar hutan yang dekat dengan pemukiman penduduk. Roland mengira dia mencium sesuatu yang terbakar.

Ketika dia melihat ke luar rumah, dia tidak melihat sesuatu yang tidak biasa namun memutuskan untuk berkeliling dengan sepeda ATV-nya dan memeriksa lahan peternakannya.

Dia tidak menemukan sesuatu. Dia pun kembali kerumahnya 25 menit kemudian, namun ternyata keadaannya menjadi jauh lebih buruk daripada yang pernah dia bayangkan.

(Foto : Getty Images /Kevin Key)

Dia pun segera membangunkan putrinya saat langit berubah menjadi oranye karena nyala api.

Kemudian saat mereka bersiap menyelamatkan diri, mereka melihat api telah membakar sebagian dari rumah penduduk.

Dengan cepat mereka mengumpulkan kucing, anjing, dan beberapa barang penting ke dalam mobil, tapi Odin menolak masuk mobil.

Anjing yang bertugas menjaga kambing keluarga ini tidak akan membiarkan dirinya pergi sendiri, apalagi kambing-kambingnya masih di sini.

Ini sungguh menyayat hati Roland, tapi dia harus pergi meninggalkan Odin.

“Saya membuat keputusan untuk meninggalkannya, dan saya ragu apakah saya bisa membuatnya untuk ikut dengan kami walaupun saya berusaha keras untuk mencobanya. Maka dari itu, kami memutuskan untuk menyelamatkan diri tanpanya,” jelas Roland.

(Foto : Facebook | Roland Tembo Hendel)
(Foto : Facebook | Roland Tembo Hendel)

Setelah kebakaran itu, ayah dan anak perempuannya itu memutuskan untuk kembali ke rumah sesegera mungkin untuk melihat apakah masih ada yang tersisa.

Yang mengejutkan, mereka disambut oleh anjing setia mereka bersama delapan ekor kambing mereka, dimana semuanya dalam keadaan hidup dan sehat!

(Foto : Facebook | Roland Tembo Hendel)

Roland menceritakan kisahnya: “Saat kami tiba di rumah kami, delapan kambing kami datang berlari menemui kami dan memeluk lalu mencium. Dixon memiliki luka bakar di punggungnya. Selain itu, kondisi mereka baik-baik saja.”

(Foto : Facebook | Roland Tembo Hendel)

Setelah Odin dibawa ke dokter hewan untuk menjalani pemeriksaan dan dianggap sehat, keluarga itu segera mengalihkan perhatian mereka untuk membangun kembali peternakan mereka.

Ternak kambingnya sementara ditampung di gudang sementara miliknya.

(Foto : Facebook | Roland Tembo Hendel)

Banyak orang yang datang dan memberikan dukungan untuk mereka di halaman keluarga YouCaring untuk mengumpulkan donasi perbaikan rumah mereka.(intan/yant)

 

Day 3, ATF (After the Fire).We made it back to the land. We have found a secret back way in past the roadblocks. Odin has more energy today and seems less exhausted. His eyes are clear and he has no signs of blood or mucous around his nose. He and the goats are all coughing occasionally, as are we, but nothing too alarming. Most importantly we were able to reunite him with his sister, Tessa. I was not able to capture the initial reunion, but I’ve posted a clip of them together, shortly thereafter.Our next immediate priority is to get them a stable water supply. We are designing a temporary system using what remains of the well-head and submersible pump.I was not able to setup a gofundme or equivalent page this evening. We are too exhausted from the day, putting our spot-fires and gathering supplies. I am planning to take the morning tomorrow to get this setup.Thank you all for your love and support. We are overwhelmed with gratitude.All around us people are still being evacuated, facing the horror we faced three nights ago. Our hearts and prayers are with you all.#SonomaStrong, #ISaluteOdin

Posted by Roland Tembo Hendel on Wednesday, October 11, 2017

Sumber: ntd.tv

Share

Video Popular