Erabaru.net. Bawang merah, mungkin terlihat sebagai bahan makanan pokok yang sederhana, yang digunakan untuk menambahkan rasa pada makanan kita. Mungkin terdengar mengejutkan beberapa orang, jus bawang juga merupakan obat rumah untuk rambut rontok.

Rambut rontok sangat umum terjadi yang dapat menimbulkan kebotakan setempat, kebotakan menyeluruh atau rambut menjadi tipis secara bertahap.

Penyebab rambut rontok

Penyebab rambut rontok yang paling sering adalah faktor keturunan yang disebut androgenetic alopecia.

Penyebab rambut rontok yang lain meliputi kondisi medis tertentu, efek samping beberapa obat, dan perubahan hormon.

Terlepas dari penyebabnya, banyak orang ingin melakukan apa yang mereka bisa untuk menumbuhkan kembali rambut mereka dan mencegah kehilangan lebih lanjut, dan ada beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengobati rambut rontok.

Satu obat rumah yang mungkin belum pernah didengar banyak orang adalah jus bawang.

Penggunaan jus bawang merah untuk menumbuhkan rambut kembali belum banyak diteliti.

Penelitian kecil yang diterbitkan dalam Journal of Dermatology menunjukkan bahwa mengoleskan jus bawang merah ke kulit kepala dapat menumbuhkan kembali rambut pada beberapa orang.

Penelitian ini melibatkan 38 peserta alopesia areata, di mana terjadi kebotakan setempat.

Peneliti menemukan bahwa rambut mulai tumbuh setelah 2 minggu mengoleskan jus bawang merah pada kulit kepala dua kali sehari.

Hampir 74% peserta rambutnya tumbuh setelah 4 minggu mengoleskan jus bawang merah pada kulit kepala. Hampir 87% peserta rambutnya tumbuh setelah 6 minggu mengoleskan jus bawang merah pada kulit kepala.

Pertumbuhan rambut kembali lebih banyak pada peserta penelitian pria dibandingkan dengan peserta penelitian wanita.

Nutrisi yang terkandung di dalam jus bawang merah yang dioleskan ke rambut, menutrisi pada folikel rambut, yang berkhasiat meningkatkan volume rambut, membuat rambut bercahaya, meningkatkan kekuatan rambut, dan mengurangi kerusakan dan penipisan rambut.

Alasan jus bawang merah dapat memperbaiki kerusakan rambut dikarenakan hal berikut:

Belerang

Belerang adalah salah satu mineral yang paling umum di dalam tubuh yang diperlukan untuk produksi enzim dan protein yang memadai. Belerang juga ditemukan pada keratin, yang merupakan salah satu komponen rambut.

Belerang yang terkandung di dalam jus bawang merah dapat memberi makanan untuk pertumbuhan rambut dan meningkatkan fase pertumbuhan rambut.

Bersifat anti-mikroba

Bawang merah bersifat anti-bakteri, yang dapat melawan infeksi kulit kepala.

Dalam beberapa kasus, infeksi kulit kepala dapat menyebabkan rambut rontok. Kulit kepala yang sehat lebih cenderung memiliki folikel rambut yang kuat.

Antioksidan

Bawang merah mengandung antioksidan, seperti flavonoid. Antioksidan dipercaya melindungi tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas dianggap sebagai pemicu proses penuaan. Misalnya, radikal bebas dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan penipisan dan kerontokan rambut.

Memberantas atau mengurangi kadar radikal bebas dapat mengurangi kerusakan pada folikel rambut.

Bagi yang ingin mencoba menggunakan jus bawang merah untuk memperbaiki kesehatan rambut atau meneingkatkan kembali pertumbuhan rambut, prosesnya sederhana.

Untuk membuat jus bawang merah, orang harus mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Kupas empat siung bawang merah dan potong kecil-kecil.
  • Ekstrak jus bawang merah dengan meremasnya atau menggunakan blender.
  • Cara lain adalah haluskan bawang merah dengan menggunakan blender sampai membentuk pasta. Bungkus pasta tersebut dengan kain katun tipis. Peras sampai keluar air.
  • Oleskan jus bawang merah ke kulit kepala atau akar rambut.
  • Beri beberapa tetes minyak atsiri seperti peppermint, lavender, atau rosemary akan mengurangi bau jus bawang merah yang menyengat.(vivi/yant)

Sumber: medicalnewstoday.com

Share

Video Popular