Erabaru.net. Kesinambungan dan kelestarian sumber daya adalah konsep yang cukup sering diabaikan oleh suatu perusahaan, dan seringkali perusahaan hanya mau mempekerjakan orang-orang dengan pendidikan yang cukup tinggi, membuat ketidaksetaraan sosial yang adalah fakta di masyarakat manapun menjadi semakin parah, dan orang-orang yang bernasib cukup buruk karena tidak mendapat pendidikan cukup, bahkan menjadi lebih buruk lagi nasibnya.

Semua itu, bisa membuat dunia ini menjadi tempat yang menyedihkan yang akhirnya juga bisa membuat dunia ini menjadi tempat yang menakutkan, karena beberapa orang tertentu, tampaknya harus terus menerus berada dalam kondisi kehidupan yang sulit dan keras.

Tapi bukan berarti kita harus diam dan melihat bagaimana segalanya berlanjut menuju kehancuran, kita bisa melakukan beberapa hal, baik besar maupun  kecil, untuk merubah dunia ini supaya menjadi lebih baik.

Di Ghana, seorang pengusaha muda memutuskan untuk melakukan perubahan radikal kecil. Bernice Dapaah memutuskan untuk mendirikan perusahaan yang didedikasikan untuk pembuatan sekaligus untuk menyumbangkan sepeda bambu kepada mereka yang membutuhkan.

labioguia.com

Pada saat ini Anda akan bertanya “mengapa?”, Tapi sebelumnya, mari kita simak kisah awalnya …

Saat Bernice Dapaah lulus kuliah, dia memutuskan untuk membuka usaha. Banyak yang baru lulus langsung bermimpi untuk memulai perusahaan mereka sendiri dan menghasilkan uang dengan cepat, tapi bukan itu yang jadi tujuan Bernice.

Dia bukan menginginkan uang, tapi lebih kepada ingin mendirikan perusahaan yang berkelanjutan dan mampu melestarikan sumber dayanya, serta membantu mengatasi masalah ekonomi sosial.

Ghana Bamboo Bikes memproduksi sepeda bambu dengan sebagian produksinya disumbangkan kepada siswa-siswa Afrika yang tidak memiliki sarana transportasi untuk pergi ke sekolah.

labioguia.com

Dengan cara itu, banyak anak akan bisa menghadiri tempat pendidikan dengan lebih mudah dan cepat.

Dan semakin sedikit yang meninggalkan pendidikannya hanya karena alasan transportasi.

Tidak hanya itu, perusahaan tersebut juga berusaha mempekerjakan orang-orang muda yang kurang mengenyam pendidikan, dengan memberi mereka sedikit pelatihan untuk membuat dan memperbaiki sepeda.

labioguia.com

Dengan demikian, banyak kaum muda yang memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam dunia kerja dan mendapat upah yang layak.

Selain itu, perusahaan ini bertanggung jawab untuk menanam kembali bambu yang telah diambil untuk dijadikan sepeda, minimal satu bambu diambil, satu bambu ditanam, bahkan seringkali, satu bambu diambil, bambu yang kemudian ditanam lebih dari satu.

Seiring pertumbuhan tanaman yang cukup cepat, perusahaan ini juga dapat dengan cepat membuat lebih banyak sepeda ataupun memperbaikinya.

Dan tentu saja, sepeda produksi mereka sangat bisa didaur ulang.

Perusahaan itu kini telah berusia 6 tahun dan telah menjadi contoh tentang bagaimana sebuah perusahaan harus fokus pada keberlanjutan dan pengatasan masalah sosial.

Selain itu, mereka telah membantu banyak anak dan remaja di sepanjang masa operasi perusahaan tersebut. Kisah Bernice Dapaah adalah contoh bagi banyak anak muda di Afrika dan seluruh dunia.

Dan sekarang, dia juga adalah teladan sekaligus inspirasi bagi saya. (Jul)

Sumber: labioguia.com

Share
Kategori: Uncategorized

Video Popular