Erabaru.net. Apa golongan darah Anda? Menurut sebuah penelitian baru, jawaban atas pertanyaan ini dapat mempengaruhi kesehatan jantung Anda.

Peneliti telah menemukan bahwa orang dengan golongan darah A, B, dan AB berisiko 9% lebih besar terhadap kejadian pembuluh darah jantung – terutama serangan jantung – dibandingkan orang dengan golongan darah O.

Tessa Kole, dari Fakultas Kedokteran Universitas Groningen, Belanda, dan rekannya mengatakan bahwa temuan mereka menunjukkan bahwa profesional kesehatan harus mempertimbangkan golongan darah seseorang saat menilai risiko pembuluh darah jantungnya.

Peneliti baru-baru ini mempresentasikan hasil temuannya di Heart Failure 2017, pertemuan tahunan Masyarakat Kardiologi Eropa, yang diadakan di Paris, Perancis.

Ada beberapa faktor risiko serangan jantung yang dapat diatasi, seperti pola makan yang buruk, kurang berolahraga, dan merokok.

Namun, beberapa faktor risiko serangan jantung tidak dapat diubah, seperti usia, jenis kelamin, dan riwayat penyakit jantung keluarga.

Penelitian baru menunjukkan bahwa golongan darah harus ditambahkan ke daftar faktor risiko.

Peneliti menemuksan bahwa orang yang bukan golongan darah O memiliki kadar protein pembekuan darah yang lebih tinggi yang disebut faktor von Willebrand, yang berkaitan dengan kejadian pembekuan darah.

Peneliti juga menemukan bahwa orang yang bukan golongan darah O – terutama pemilik golongan darah A – cenderung memiliki kadar kolesterol yang tinggi, yang merupakan faktor risiko yang buruk untuk kesehatan pembuluh darah jantung.

Peneliti mengatakan bahwa di masa depan golongan darah harus dipertimbangkan dalam penilaian risiko untuk pencegahan penyakit pembuluh darah jantung.(vivi/yant)

Sumber: medicalnewstoday.com

Share

Video Popular