Erabaru.net. Kanker mulut adalah kanker yang paling singkat hidupnya bagi penderita.

Kelangsungan hidup penderita rata-rata berkurang 16,3 tahun.

Hasil pengamatan dokter secara klinis menemukan bahwa mayoritas penderita kanker mulut seringkali menyembunyikan penyakit yang dideritanya ini.

Sampai perawatan medis telah memasuki stadium 4, secara drastis mengurangi tingkat kesembuhan dan kelangsungan hidup.

Dokter menyebutkan, bahwa perlu operasi gabungan dan kemoterapi serta terapi radiasi untuk menangani kanker mulut stadium lanjut.

Internet

Namun terapi radiasi dapat menyebabkan inflamasi, cedera, jika tidak dilakukan perawatan pembersihan, mungkin akan terjadi osteoradionecrosis atau peradangan pada tulang yang disebut osteomyelitis karena terpapar radiasi dalam jumlah banyak.

Kanker mulut adalah kanker yang paling singkat hidupnya bagi penderita, rasio hidupnya berkurang 16,3 tahun.

Hou Shengbo, Direktur THT di Shin Kong Wu Ho-Su Memorial Hospital dan Clinical Oncology Society Taiwan, mengatakan bahwa kanker mulut adalah kanker ke-5 penyebab kematian dan kanker yang paling singkat hidupnya bagi penderita, harapan hidup rata-rata berkurang 16,3 tahun.

akamaized.net

Sebagian besar pasien kanker mulut seringkali menyembunyikan penyakit terkait yang dideritanya.

Saat akan menjalani pengobatan, sebagian besar pasien sudah memasuki stadium 4, dan saat demikian biasanya perlu operasi penggabungan, kemoterapi dan terapi radiasi sekaligus, yang akan menyebabkan komplikasi.

Hampir tidak akan sembuh begitu terjadi osteoradionecrosis. Nekrosis jaringan radioaktif, hampir tidak ada cara untuk menyembuhkannya.

www.rd.com

Osteoradionekrosis merupakan keadaan patologis akibat radiasi berupa luka yang tidak sembuh-sembuh dengan keadaan hipoksia.

Keadaan ini dipicu oleh radiasi yang menyebabkan jaringan menjadi hipovaskular, hiposelular, dan semakin kekurangan oksigen.

Kerusakan yang disebabkan radiasi pada sel akan menyebabkan penggantian sel tersebut dengan jenis yang berbeda, kemudian terjadi peningkatan elemen ekstraseluler seperti kolagen.

Jaringan yang hipovaskular dan mengalami fibrosis ini kemudian akan mengalami penurunan sampai dengan kehilangan kemampuan healing/penyembuhan sehubungan dengan ketidakmampuan jaringan untuk mengganti sel yang rusak dan terjadinya sintesis kolagen yang berlebihan.

Dihimbau kepada penderita sebaiknya tanamkan kebiasaan baik berupa pembersihan rongga mulut, hidung dan tenggorokan baik sebelum maupun sesudah terapi, untuk mencegah osteoradionecrosis. (jhn/rp)

funpeer.com

 

Share

Video Popular