Erabaru.net. Setelah melakukan perjalanan santai ke Nigeria, seorang pria berusia 42 tahun dengan senang hati kembali ke rumah. Tapi dia segera menyadari bahwa dia memiliki semacam ruam di kaki kanannya.

Dia pergi ke dokter, tapi dokter menyuruhnya untuk tidak khawatir, dan mengatakan bahwa itu hanyalah varises vena biasa.

Bahwa varises itu tampak hampir tidak lebih besar dari pembuluh darah di kaki yang lain, dan mungkin saja sudah lama varises itu sudah ada disana, hanya saja dia tidak menyadarinya.

Little Things

Varises muncul sebagai pembuluh darah vena yang memanjang dan membengkak. Hampir semua pembuluh darah bisa berubah menjadi varises, tapi biasanya terjadi di kaki. Mereka biasanya tidak menimbulkan masalah kesehatan besar, jadi varises hanya dianggap sebagai masalah penampilan.

Tapi suatu hari, pria itu menyadari bahwa “varises”-nya itu bergerak dan berpindah dari waktu ke waktu, dia memutuskan sudah waktunya untuk mencari konsultasi kedua.

Kemudian, para dokter menyadari bahwa “pembuluh darah” itu memang telah bergerak beberapa inci di kaki pria itu, dari pemeriksaan sebelumnya!

Dan ketika mereka menyadari kesalahannya, kita hanya bisa membayangkan betapa ngerinya! Urat-urat “varises” yang menonjol keluar ini, sebenarnya, adalah parasit yang mampu menyebabkan infeksi yang disebut Cutaneous Larva Migrans.

Jadi, memang, itu bukan urat: itu adalah cacing, yang hidup!

Little Things

Cacing ini biasanya hidup di usus binatang kesayangan kita. Dan mereka biasanya juga ada di kotoran mereka.

Manusia bisa terinfeksi jika mereka bersentuhan dengan tinja ini. Hal ini biasanya terjadi saat Anda berjalan tanpa sepatu di pantai, atau di lantai yang dekat dengan binatang.

Little Things

Cara terbaik untuk menghindari kontak dengan parasit ini adalah dengan memakai sandal untuk berjalan di pantai. Dan sudah umum melihat jenis penyakit ini di daerah tropis, namun parasit dapat berpindah ke daerah beriklim lain.

Tapi jangan biarkan hal ini membatalkan rencana liburan Anda. Hati-hati dengan apa yang Anda lakukan dan ingatlah untuk menceritakan hal ini kepada seseorang yang tidak mengumpulkan kotoran hewan peliharaan mereka.

Dan juga, ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan, dimanapun kita berada.

Bagaimana dengan pria itu? Dia baik-baik saja setelah minum obat antiparasit. Tapi ini adalah pelajaran bagi kita semua untuk selalu mencari pertolongan medis segera setelah kita melihat sesuatu yang tidak biasa di tubuh sendiri! (Anggi/ Jul)

Sumber: littlethings.com

Share
Kategori: KESEHATAN

Video Popular