Erabaru.net. Selamat datang di salah satu kota di Myanmar. Tidak banyak orang yang mengenalnya. Dan yang lebih mengejutkan lagi, ini adalah ibu kota negara…

Sepuluh tahun yang lalu, pada tahun 2005, pemerintah memutuskan untuk memindahkan ibu kota ke Naypyidaw, yang berjarak 320 km dari ibukota lama, Yangon. Tidak ada penjelasan mengapa keputusan itu dibuat.

Myanmar, yang sebelumnya dikenal dengan nama Burma, terletak di wilayah Asia Tenggara dan berbatasan dengan 5 negara. Rezim militer negara ini dianggap sebagai salah satu yang paling represif di seluruh dunia.

Ketika ibukota dipindahkan ke kota lain, wartawan asing dilarang masuk. Itulah mengapa dunia tidak tahu banyak tentang Naypyidaw.

Lebih mengkhawatirkan karena mereka telah menghabiskan jutaan uang untuk konstruksi kota tersebut, yang luasnya 6 kali lebih besar dari New York!

i0.wp.com

Meski kota ini dibangun untuk menampung jutaan orang, sejauh ini, kota ini bisa dibilang kosong.

Pada hari kerja, sehari-hari Anda bisa melihat beberapa wakil dari otoritas dan pekerja biasa di jalanan. Dan hanya itu saja.

i0.wp.com

Media benar-benar tertarik dengan ibu kota Myanmar yang tidak berpenghuni ini, dan menyebutnya sebagai kota khas film-film David Lynch.

Ada banyak bangunan di Naypyidaw, tempat suci, pertokoan yang dibangun khusus untuk masyarakat, namun bangunannya masih belum digunakan sesuai rencana.

i0.wp.com

Kota ini dibangun di tengah gurun yang tidak berpenghuni. Disini ada banyak hotel, restoran, dan Wi-Fi yang tersedia dimana-mana.

Di sini Anda bisa menemukan jalanan sampai 20 jalur. Namun Anda hampir tidak akan bisa melihat satu mobil pun. Meski ada banyak hotel, para pekerja asing menolak tinggal di kota ini dan lebih memilih menginap di ibu kota sebelumnya.

i0.wp.com

Inilah modal baru Myanmar. Dengan rencana masa depan otoritas yang masih dirahasiakan. Kami sangat berharap, kehidupan akan segera sampai ke kota ini! (anggi/ jul)

i0.wp.com

Share

Video Popular