Oleh: Lu Hongyan

Erabaru.net. Ada ilmuwan dan elit bisnis yang meramalkan, teknologi baru robot nano, sel induk dan kecerdasan buatan (AI), dimasa mendatang mungkin dapat menyembuhkan penyakit mematikan seperti kanker, AIDS dan lain sebagainya.

Namun mungkin mereka tidak berpikir secara jelas, juga mungkin tidak ingin menghadapi kenyataan bahwa bagaimana perubahan umat manusia pada saat itu?

Malah barangkali manusia pada saat itu lebih bobrok daripada saat ini?

Dilihat dari sudut pandang umum, penyakit Siphilis adalah “iblis jahat”.

Dia membuat orang menderita, Penisilinlah musuh kebuyutannya dan dianggap sebagai “malaikat”.

ILUSTRASI. (i.wp.pl/a/f/jpeg/30277/600think_aids.jpeg)

Kemudian muncul iblis jahat yang lebih tinggi tingkatannya yaitu AIDS. Pertarungan antara baik dan buruk senantiasa berlangsung tiada henti.

Namun, bolehkah kita melihat masalah ini dari sudut pandang berlawanan?

Siphilis merupakan sebuah peringatan kepada manusia bahwa berperilaku semau gue akan mengalami penderitaan, jika tidak ingin menderita, sangat mudah, kendalikan hawa nafsu.

Siphilis membuat hati manusia menjadi segan dan tidak berani lagi berbuat sekehendak hati.

Munculnya penisilin membawa berita bahwa berbuat buruk tidak perlu menanggung akibatnya, dibawah perlidungannya manusia akan semakin bobrok.

Kanker juga merupakan sinyal peringatan. Umat manusia terus berupaya menaklukkan penyakit kanker dengan mengandalkan kemajuan iptek, namun tidak mengambil tindakan untuk memberantas sumber penyakit kanker yaitu pola hidup yang parah seperti keserakahan, keresahan, dendam dan benci yang berasal dari dalam hati, serta pencemaran pada air, udara dan tanah.

ILUSTRASI. (images.onhealth.com)

Bersamaan itu, sejumlah besar produk sampingan dari kemajuan iptek telah mempercepat pencemaran lingkungan dan pengeruhan hati manusia.

Jika umat manusia tetap menganggap iptek sebagai juru selamat jiwa, maka pertarungan itu akan terus berlanjut tiada hentinya, ketenangan hidup tidak akan pernah tiba.

Bukan semua penyakit merupakan peringatan naluriah, namun sebagian besar penyakit modern adalah demikian.

Pertarungan tersebut lebih dahsyat dari perkiraan sebagian besar orang. Manusia di zaman sekarang terus menciptakan virus baru, lalu melakukan perlawanan, ini bagaikan lingkaran setan yang sulit untuk dihentikan.

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular