Erabaru.net. Alam tidak selalu menjadi rumah terbaik, tentunya kita juga bukan tamu terbaik. Tapi terkadang apa yang disediakan di alam, yang seharusnya bisa menjadi sajian untuk manusia, malah bisa mencelakakan manusia. Bahkan sampai menyebabkan kematian!

Pohon ini disebut pohon kematian dan memang pohon ini sesuai dengan namanya. Anda dapat menemukan beberapa pohon ini dari wilayah Florida ke Kolombia dan beberapa kepulauan Karibia, semuanya dengan peringatan bahwa Anda bahkan tidak boleh menyentuhnya.

Tang’s Photo Memories

Dan sejak ditemukan, ada banyak kisah yang menceritakan tentang pohon ini: bahwa penduduk asli menggunakan getah pohon ini untuk meracuni anak panah mereka, bahwa hanya diikat pada batang pohon ini, dianggap sebagai salah satu hukuman terburuk, bahkan Gubernur pertama Puerto Riko, Juan Ponce de León, menemui kematiannya saat bertemu dengan pohon ini.

Cultural Action

Dan semua cerita ini sangat bisa dipercaya, jika kita sudah mengetahui seperti apa pohon itu.

Bahkan orang-orang tidak bisa merasa aman di sekitar pohon kematian, hanya menyentuhnya saja bisa menimbulkan efek iritasi yang parah pada kulit. Getah pohon ini akan memberi sensasi terbakar serta peradangan, lecet dan ruam, pada apapun yang membuat kontak dengannya.

Yang paling berbahaya dan mematikan, sebenarnya adalah buahnya. Tekstur dan aroma buah ini sangat indah, sangat mirip dengan apel tapi lebih kecil, dan pada saat dicerna menyebabkan sensasi terbakar di tenggorokan serta pembengkakan saluran pencernaan, muntah, diare dan bahkan kematian.

Tropical Plants Database

Sesungguhnya satu buah pohon ini bisa membunuh 20 orang.

Untuk alasan inilah, pohon ini juga disebut Manzanilla de la muerte, nama ilmiahnya adalah Mancinella Hippomane, dikatakan bahwa pohon ini ditemukan di Yunani dan akan mendorong kuda-kuda yang memakan buahnya menjadi gila.

Meskipun demikian, kayu mereka sering digunakan untuk membuat perabotan, yang penting adalah harus dikeringkan di bawah sinar matahari dan api sebelum bisa digunakan.

Moneyclub

Selain itu, pohon ini juga telah digunakan sebagai obat di Jamaika, terutama untuk penyakit kelamin. Dan ironisnya, meski menjadi pohon kematian dan hampir tidak ada yang berani menyentuh, namun pohon ini sendiri berada dalam bahaya kepunahan. (anggi/ jul)

joya.life

Share
Kategori: Uncategorized

Video Popular