Erabaru.net. Jaringan sosial tahu tentang diri kita, lebih dari yang bisa kita bayangkan. Temukan 5 hal penting yang diketahui Facebook tentang Anda.

Seperti kita ketahui, pengiklan Facebook bisa memasang iklan bertarget di jejaring sosial, dengan melihat profil dan mengingat sejarah aktivitas pengguna internet.

Penulis The Wall Street Journal mengatakan hal-hal yang diketahui Facebook tentang kita, yakni:

  1. Situs apa yang Anda kunjungi

Dengan memantau data cookie, Facebook menerima informasi tentang situs mana yang Anda kunjungi. Misalnya, jika Anda mencari jam tangan di toko Internet, jangan heran jika Facebook bisa “menebak” dengan tepat keinginan Anda dan mulai menunjukkan iklan jam tangan.

Versi mobile Facebook juga menggunakan data dari aplikasi lain, yang terpasang pada smartphone Anda. Inovasi ini telah menyebabkan banyak kemarahan dari para pengguna Facebook.

Untuk membenarkan dirinya sendiri, Facebook mengatakan bahwa sampel iklan yang menarik bagi pengguna, justru akan membuat Anda merasa lebih nyaman saat mengakses jejaring sosial.

  1. Seperti apa penampilan Anda

Kebanyakan orang sembarangan menggunakan Facebook sebagai gudang foto pribadi. Tapi tahukah Anda bahwa Facebook bisa mengidentifikasi wajah di foto bahkan lebih baik dari kita sendiri? Artinya, jika seseorang mendownload foto bersama Anda atau dengan gambar seseorang yang sangat mirip dengan Anda, Facebook akan mengusulkan kepadanya untuk menandai Anda di foto itu.

Ngomong-ngomong, Google juga menggunakan teknologi serupa, yang terutama di tahun 2011 mengakuisisi perusahaan yang mengkhususkan diri pada pengenalan wajah.

  1. Tempat apa yang Anda kunjungi

Jika Anda mendaftarkan diri ke jejaring sosial lewat ponsel pintar Anda, selanjutnya Facebook dapat melacak lokasi Anda dan mendapatkan informasi tentang tempat Anda bekerja, tinggal, berbelanja, berlibur dan istirahat.

Di Facebook ada juga fungsi “teman di dekat Anda” (belum tersedia di seluruh negara), yang mana Anda bisa menerima notifikasi, bila ada teman Anda yang lokasinya berdekatan dengan Anda.

Selain itu, Facebook menggunakan informasi tentang lokasi Anda untuk mempersonalisasikan periklanan. Jika Anda sering mengunjungi lokasi toko es krim, maka pengiklan akan tahu bahwa Anda suka es krim.

  1. Hubungan Anda

Facebook mengelompokkan teman-teman Anda dalam daftar, di antaranya adalah kerabat, teman dari sekolah, rekan kerja,.. Dan banyak pengguna secara independen menunjukkan hubungannya dengan orang lain, menambahkan profil mereka sebagai orang tua, saudara perempuan / saudara laki-laki, dan juga dengan siapa mereka memiliki jalinan hubungan.

Dengan hanya mengklik halaman pengguna, Anda dapat menemukan cukup informasi tentang seseorang, termasuk nama, umur, tanggal lahir, anggota keluarga, tempat tinggal, tempat kerja dan banyak lagi. Facebook juga tahu bahwa si pengakses telah membuka jejaring sosial dan seberapa sering mencari orang ataupun informasi tertentu.

  1. Apa ketertarikan anda

Facebook dengan hati-hati mengikuti minat Anda, termasuk film favorit, musik, buku, dan lain-lain. Pernahkah Anda menempatkan postingan, misalnya seri baru “Games of thrones?” Jangan kaget, jika Facebook mulai menunjukkan iklan buku, film, komik,  dari jenis fantasi.

Anda tidak bisa membayangkan berapa banyak informasi yang bisa Anda dapatkan tentang diri Anda, hanya dengan mengikuti keinginan Anda. Facebook bahkan bisa menarik kesimpulan dari pandangan politik Anda, misalnya jika Anda lebih suka pada kelompok Demokrat daripada Republikan.

Kebanyakan orang merasa lebih santai dan tenang berinteraksi di Internet daripada di kehidupan nyata, dengan polos percaya bahwa mereka aman di belakang layar monitor. Tapi siapa sangka kenyataannya justru tidak seperti itu?

Silahkan periksa profil Anda di jejaring sosial. Dan lihatlah, bukankah itu sumber yang sangat melimpah tentang informasi pribadi Anda? (anggi/ jul)

perfecto.guru

Share

Video Popular