Erabaru.net. Di masa lalu, ketika anak-anak pulang sekolah, tas sekolah langsung dibuang semaunya begitu masuk ke rumah, kemudian pergi bermain bersama teman-teman anak tetangga.

Sementara anak-anak sekarang, harus membawa tas yang berat berisi buku-buku pelajaran, belajar talenta demi talenta.

Banyak orang tua yang dikarenakan takut anak-anaknya “kalah/ketinggalan pada garis start,” sehingga, usia kursus ini dan itu pun berangsur-angsur menurun/semakin dini.

Banyak anak-anak yang baru TK saja bahkan dipaksa atau terpaksa belajar/kursus bahasa Inggris, matematika dan sebagainya.

ILUSTRASI. (Internet)

Benarkah pola pendidikan seperti ini bisa membuat si anak berkembang lebih baik?

Jerman, yang berpenduduk sekitar 82 juta jiwa, telah memenangkan lebih dari setengah Hadiah Nobel, dan angka ini mungkin akan terus meningkat di masa depan.

Namun, orang tua di Jerman tidak memiliki konsep “kalah/ketinggalan di garis start” seperti konsep orantua dari Timur/Asia, kehilangan tanah”.

Di Jerman, setiap anak menghabiskan 3 tahun (Sekitar 4.000 jam) waktunya di taman kanak-kanak, namun, pembelajaran mereka sepenuhnya berbeda dengan kita.

Mari kita lihat apa saja yang dipelajari anak-anak Jerman di taman kanak-kanak!

ILUSTRASI. (Internet)

Dalam 3 tahun, anak-anak mengunjungi kantor polisi, belajar cara menelepon polisi, cara menangani kasus kejahatan, dan memahami apa fungsi dari polisi itu.

ILUSTRASI. (Internet)

Anak-anak mengunjungi kantor pemadam kebakaran, belajar bersama dengan petugas pemadam kebakaran pengetahuan umum tentang tata cara memadamkan dan menghindari bencana kebakaran.

Mereka mengunjungi kantor pos, melihat-lihat bagaimana sebuah surat itu tiba di kantor pos, kemudian dikirim lagi ke tempat tujuan.

Mengunjungi kantor Walikota, mengenal walikotanya, melihat-lihat seperti apa gerangan walikotanya yang bekerja melayani mereka /masyarakat.

ILUSTRASI. (Internet)

Mereka pergi ke pasar bebas, dan membawa uang, belajar cara membeli sesuatu, cara membedakan antara pasar bebas dan toko.

Share

Video Popular