Erabaru.net. Di bagian selatan benua Afrika ada sebuah suku bernama Babemba. Mereka percaya bahwa setiap manusia yang datang ke dunia itu baik, bahwa masing-masing dari kita hanya menyimpan keinginan untuk keamanan, cinta, kedamaian dan kebahagiaan.

Tapi, terkadang, ketika kita mencari hal-hal positif itu untuk hidup kita, kita membuat kesalahan.

Bila ini terjadi dan seseorang bertindak tidak bertanggung jawab atau tidak adil, dia harus dibawa dan diadili di pusat kota, tanpa ada yang memaksanya, tanpa pembalasan.

ralphiesportal

Semua orang berkumpul di sekitar orang yang berperilaku buruk. Kemudian, setiap orang dari suku, dari segala umur, segala jenis kelamin, berbicara keras tentang orang yang ada di tengah.

Satu per satu, setiap anggota suku ini menceritakan semua hal baik yang telah dilakukan orang tersebut dalam kehidupan mereka.

Ini adalah tentang mengingat setiap kejadian, setiap pengalaman, dengan segala detail dan presisi, sehingga mengingatkan semua orang tentang atribut positif, tindakan baik, kekuatan dan kebaikan yang dimiliki orang yang “tanpa sengaja” telah berperilaku buruk tersebut.

creativesystemsthinking

Upacara kesukuan berlangsung selama 2 hari, sampai setiap orang membacakan seluruh komentar positif yang mereka miliki tentang “terdakwa, atau tertuduh.”

Pada akhirnya, lingkaran kesukuan dipatahkan, dan sebuah perayaan diorganisir untuk mempersilahkan orang tersebut kembali masuk secara simbolik ke dalam suku.

Tidak akan buruk jika merenungkannya dan mencoba memahami mengapa hal itu berjalan dengan baik bagi mereka dan bagaimana kita dapat belajar dari teladan mereka. (anggi/ jul)

ralphiesportal.me

Share
Kategori: Uncategorized

Video Popular