Erabaru.net. Bumi kita memang kaya akan berbagai harta karun, bebatuan dan mineral merupakan salah satu harta karun di Bumi ini.

Beberapa batu dan mineral bermanfaat untuk kegunaan manusia namun beberapa diantaranya beracun dan mematikan walaupun secara fisik, warnanya sangat indah dan unik.

Inilah 9 bebatuan dan mineral yang paling berbahaya di dunia dan Anda harus menjauhinya.

9. Chalcanthite

Mineral indah ini terdiri dari tembaga, belerang, air dan elemen lainnya. Ini bagus untuk tubuh manusia tapi jika berlebihan, bisa menjadi berbahaya.

Bila tembaga dilarutkan dalam air dan terdispersi menjadi sejumlah besar, air akan tercemar. Jika manusia minum air yang terkontaminasi dengan bahan ini, kesehatan manusia akan terpengaruh. Air yang terkontaminasi dengan bahan ini bisa membunuh tanaman dan hewan, bagaimana pengaruhnya terhadap manusia?

8. Stibnite

Stibnite adalah campuran antimon sulfida yang terlihat seperti logam perak. Kandungan mineral ini bisa membunuh manusia jika tercampur dalam makanan.

Ribuan tahun yang lalu, pasta Stibnite digunakan di bidang kosmetik untuk menghitamkan bulu mata dan alis.

Stibnite kualitas terbaik dapat ditemukan di daerah pertambangan di Osaka, Jepang. Ini berwarna abu-abu dan memiliki bentuk kristal. Untuk menghindari keracunan dari mineral ini, Anda dianjurkan untuk mencuci tangan sebaik mungkin sebelum memegang makanan.

7. Asbes

Asbes adalah salah satu mineral yang sering kita dengar dibanding mineral lainnya. Mineral ini juga banyak digunakan oleh manusia.

Namun, jika kita mengonsumsi asbes terlalu banyak, kesehatan kita akan terancam dan bisa menyebabkan kanker. Makanya, penggunaan asbes telah dilarang oleh beberapa negara di dunia dan diganti dengan fiberglass.

6. Arsenopirit

Mineral ini adalah senyawa logam arsenik yang sangat langka dan sering diproduksi dari pertambangan emas. Arsenik sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Kebanyakan orang yang minum air tercemar dengan bahan ini akan mengalami gejala seperti muntah, masalah pencernaan, diare, haus, kram perut dan bisa membunuh nyawa.

5. Cinnabar

Cinnabar atau merkuri sulfida adalah salah satu mineral yang paling beracun. Penafsiran nama Cinnabar berarti ‘Darah Naga’ bisa mengeluarkan merkuri jika dipanaskan dan sangat berbahaya.

Di Tiongkok, mineral ini sering digunakan untuk hiasan makanan dan juga untuk ukiran dekoratif. Yang lebih mengejutkan lagi, Cinnabar juga digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati penyakit tertentu.

4. Galena

Jika Anda melihat sekilas, mineral berwarna kebiruan ini begitu indah. Tapi itu indah di luar tapi sangat berbahaya bagi kita semua.

Seseorang yang menghirup udara dari partikel debu Galena berpotensi mengalami risiko keracunan fatal. Namun, jika tidak ada partikel debu, Galena aman untuk dipegang.

3. Hutchinsonite

Huchinsonite adalah mineral sulfosalik yang terbentuk dari campuran thallium, arsen dan timbal dan tersedia dalam lubang hidrotermal. Hal ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan rambut rontok, penyakit kulit yang parah dan kematian.

Garam thallium memiliki kandungan racun tinggi yang digunakan dalam racun tikus dan insektisida.

2. Orpiment

Kita tahu arsen itu berbahaya. Tapi yang lebih berbahaya dari arsenik adalah campuran arsenik yang mengandung belerang!

Orpiment banyak digunakan dalam pengobatan Tiongkok dan menjadi elemen penting selama kekaisaran Romawi, digunakan sebagai racun di anak panah untuk membunuh musuh.

Orpiment dapat ditemukan di kolam air panas, fumarol (di sekitar daerah gunung berapi) dan lubang hidrotermal.

1. Torbernite

Kandungan zat ini mengandung zat beracun tinggi termasuk uranium, fosfor dan tembaga.

Semakin gelap warna hijau mineral ini, semakin tinggi kandungan uranium yang terkandung di dalamnya. Mineral ini bisa ditemukan di batuan granit dan bisa menyebabkan kanker paru jika terkontaminasi dalam jangka waktu yang lama.(yant)

Sumber: erabaru.my

Share

Video Popular