Erabaru.net. Pernahkah Anda mengajukan pertanyaan, mengapa pramugari meminta saat lepas landas dan mendarat untuk membuka tirai plastik di jendela? Ketika saya berada di ruang pesawat, saya selalu bertanya-tanya mengapa pramugari membuat permintaan ini? Ternyata karena beberapa alasan.

Sesuai dengan peraturan keselamatan, saat pesawat lepas landas dan mendarat, tirai plastik di jendela harus dinaikkan.

Alasannya sederhana: tepatnya di tahap ini (saat lepas landas dan mendarat), jumlah kecelakaan paling banyak terjadi. Karena itu, perhatian khusus diberikan pada hal-hal yang berpengaruh pada keselamatan

Beberapa alasan mengapa tirai plastik pada jendela pesawat harus dibuka, antara lain:

Ilustrasi: zettamedia.co
  1. Perawatan penumpang

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa selama lepas landas / mendarat pencahayaan utama di kabin dimatikan. Nah, ini dilakukan untuk memastikan mata orang-orang di kabin terbiasa dengan cahaya alami. Jadi mereka bisa menangkap jika terjadi anomali di ruangan itu

  1. Untuk visibilitas

Pramugari dan bahkan penumpang, jika tirai pada jendela dibuka, mereka bisa melihat apa yang terjadi di luar pesawat. Hal ini memungkinkan untuk siapa saja yang ada di dalam kabin, untuk memberitahu kru jika ada sesuatu yang tidak tepat terjadi di luar pesawat. Misalnya, jika ada api atau hal lain.

Selain itu, dalam kasus pendaratan darurat, tim penyelamat akan dapat melihat apa yang terjadi di dalam kabin lewat jendela.

  1. Dan lagi, untuk penumpang

Tirai juga dinaikkan sehingga penumpang tidak akan terluka, jika tirai itu rusak saat terjadi pendaratan darurat, karena tirai plastik bisa pecah dan pecahannya mungkin saja melukai orang-orang di dalam kabin.

Ilustrasi: brightside.me

Sangat mungkin masih ada alasan lain yang belum kita ketahui, namun satu hal yang pasti, semua itu dibuat demi kebaikan semua orang yang ada di pesawat tersebut.

Maka, jangan pernah anggap sepele ataupun mengabaikan aturan keselamatan, dimanapun!

Beberapa hal mungkin terlihat sepele, namun sebenarnya amat krusial saat keadaan yang tidak diinginkan, terjadi! (anggi/ jul)

diply.com

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds