Erabaru.net. Sejarah bisa memberi kita pelajaran, dan dari suatu cerita kita juga bisa memetik hikmahnya, sehingga bisa mendapatkan pengalaman berharga dan prinsip kebenaran dari kehidupan sehari-hari.

Mari kita simak dengan seksama kisah singkat berikut ini, semoga kita bisa memetik hikmahnya :

Arti sebuah kejujuran

Di sebuah daerah wisata, seorang pemuda melihat seorang wanita cantik dan anggun, lalu ia pun mengikutinya dari belakang, sampai wanita cantik itu menoleh dan bertanya pada si pemuda : “”Kenapa kamu terus mengikutiku? ”

Dengan jujur dia berkata kepadanya : “Karena kamu adalah wanita yang cantik dan anggun yang pernah saya temui, saya ingin kamu menjadi pacarku!”

Wanita itu menjawab : “Coba kamu menoleh ke belakang, kamu akan melihat adikku, dia lebih cantik dariku!”

Mendengar itu, si pria segera menoleh ke belakang, tapi ia hanya melihat wanita-wanita biasa yang berlalu lalang.

“Kenapa kamu berbohong padaku?” Tanyanya pada wanita itu.

“Karena kamu yang membohongiku!Jika memang kamu benar-benar menyukaiku, mengapa melihat ke belakang?”Jawab si wanita tegas, lalu berbalik dan berlalu dari hadapan si pemuda yang terdiam seribu bahasa.

Kesimpulan : Sudah ada makanan di piringnya, tapi matanya masih jelalatan menatap makanan lain (kiasan-sudah ada pacar/istri/suami, tapi masih memikirkan yang lain, orang yang rakus/tak pernah merasa puas dan tidak bisa dipercaya).

Ingat! Ada janji setia di bibir itu cukup didengarkan saja seperti angin lalu, tak perlu dianggap serius !

Jangan gegabah

Ada seekor singa tua sedang sakit bersembunyi di sebuah gua dan mengerang keras. Beberapa hewan di dekatnya yang mendengar erangan singa itu pun masuk ke dalam gua untuk melihat-lihat.

Rubah yang mendengar kabar itu pun ikut menjenguk.

Saat di depan gua, sang rubah mendengar erangan singa tua itu semakin keras, terdengar memilukan, rubah yang semula bermaksud masuk ke dalam, tiba-tiba menegakkan telinganya, dan menghentikan langkahnya, ia mondar-mandir di sekitar gua.

Melihat rubah yang ragu-ragu masuk ke dalam gua, singa tua itu pun tak tahan bertanya : “Hei rubah! Mengapa tidak masuk ke dalam ?”

Si rubah menjawab: “Saya melihat beberapa jejak kaki binatang masuk ke dalam, tapi tidak melihat jejak kaki yang keluar. Mana berani saya masuk?”

Kesimpulan : Tindakan yang gegabah, kemungkinan akan menempatkan diri Anda dalam posisi yang berbahaya.

Menjaga rahasia

Sebelum menyembelih ayamnya, seorang wanita memberi makan dulu sang ayam pada malam hari, dan tanpa sengaja berkata : “Ayo makanlah, ini adalah makanan terakhirmu!

Keesokannya paginya, ia mendapati sang ayam sudah tergeletak mati dan meninggalkan pesan terakhir : Saya sudah makan racun tikus, jadi jangan harap kalian bisa menyantapku lagi.

Kesimpulan : Ketika musuhmu tahu denganapa yang akan kamu lakukan, ia akan membuat keputusan yang menguntungkan dirinya. Jadi menjaga kerahasiaan, keamanan informasi itu sangat penting.

Share

Video Popular