Erabaru.net. Dalam alur cerita film Hollywood, biasanya disuguhkan tentang robot yang menggantikan atau menguasai umat manusia, dan orang-orang tampaknya telah memprediksikan kenyataan bahwa kecerdasan buatan pada akhirnya akan mengungguli manusia.

Dunia kita sekarang selangkah lebih dekat dengan itu, karena tak disangka ada sebuah robot yang telah mendapatkan kewarganegaraan yang dikeluarkan oleh salah satu negara dan menjadi robot pertama di dunia yang memiliki kewarganegaraan!

Dia adalah robot cerdas bernama “Sophia” yang dirancang dan diproduksi oleh Hanson Robotics yang berbasis di Hong Kong.

Robot Sophia bukan saja nyaris memiliki cara berpikir seperti manusia, tetapi juga bentuk, ekspresi wajah yang ekspresif dan menampilkan berbagai emosi yang mirip dengan manusia.

Sophia, sang robot dengan penampilan mirip manusia yang istimewa baru-baru ini maju selangkah mendekati status manusia, ketika diberi kewarganegaraan oleh Pemerintaah Arab Saudi di ajang teknologi Future Investment Initiative (FII), Senin, 30 Oktober lalu.

Ketika menerima penghargaan tersebut, dia berkata: “Saya sangat tersanjung dan bangga atas kehormatan ini. Ini merupakan momen bersejarah, menjadi robot pertama di dunia yang memiliki kewarganegaraan.”

Share

Video Popular