- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Bahayanya Meme! Sebuah Cerita Karangan dan Meme Viral yang Kejam, Telah Menghancurkan Kehidupan Model ini

Erabaru.net. Kita semua suka meme, melihatnya dan tertawa, berbagi dan mengomentari.

Sejak lahirnya media sosial, selain video dan postingan, meme adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari.

Tapi, kita telah mendengar tentang sisi gelap meme, yakni punya bagian yang memfitnah, mempermalukan, menyinggung, dan menyerang satu orang atau lebih.

Di bawah jubah anonimitas, tanpa kemungkinan orang-orang yang terkena dampak buruknya, melakukan sesuatu untuk memperbaikinya.

Ketika model Taiwan Heidi Yeh setuju untuk membintangi sebuah iklan untuk klinik bedah kosmetik di tahun 2012, dia tidak pernah membayangkan bahwa ini akan menjadi akhir dari karirnya dan awal dari sebuah mimpi buruk.

[1]
bbc

Heidi mengira karir pemodelannya mulai mendapat momentum dan semuanya berjalan dengan baik.

[2]
bbc

Pada hari pemotretan, Heidi tahu sedikit tentang ide apa yang ingin mereka gunakan untuk foto.

Tapi dia tidak tahu bahwa foto itu akan dipublikasikan secara online, atau orang-orang akan membuat begitu banyak cerita tentangnya.

[3]
bbc

Teks di kaki foto asli tersebut mengatakan, “Satu-satunya hal yang perlu Anda khawatirkan adalah bagaimana menjelaskannya kepada anak-anak”, mengacu pada operasi bedah kosmetik.

Tapi anak-anak dari gambar itu “diedit” dengan Photoshop (mereka tidak terlihat seperti itu dalam kehidupan nyata), jadi mereka sengaja dibuat terlihat tidak menarik, menyiratkan bahwa orang tua mereka bisa berwajah seperti itu karena operasi bedah kosmetik di klinik kecantikan.

Belakangan, seseorang, entah siapa, mengarang kisah sang “istri” yang menipu suaminya dengan wajah hasil operasi, dan menyebarkannya melalui internet.

Tidak ada yang peduli untuk menemukan asalnya ataupun mengotentikasi kebenarannya.

Maka muncullah sebuah meme dengan teks: “Operasi plastik – Anda tidak bisa menyembunyikannya selamanya”.

[4]
bbc

Ceritanya mengatakan bahwa seorang suami yang menarik telah menyadari bahwa istrinya yang “berparas cantik” telah membohonginya, sang istri meyakinkannya bahwa dia tidak pernah menjalani operasi plastik.

Tapi, setelah anak-anak mereka lahir dan sama sekali tidak terlihat seperti Ibunya, maka si suami menyadari tipu muslihat istrinya dan akhirnya menuntutnya.

Ketika seorang teman mengatakan kepada Heidi tentang cerita fiktif ini, dia pikir itu hanya rumor, dia menyadari bahwa cerita itu telah menyebar ke seluruh dunia, dan dalam bahasa yang berbeda.

Orang-orang mempercayainya, dan yakin bahwa itu benar-benar telah terjadi pada Heidi, bahkan teman dan kerabatnya telah menanyakan kepadanya tentang kebenaran kisah itu.

Hal ini mempengaruhi karirnya. Browse menolak untuk percaya bahwa operasi plastik ini belum pernah dia lakukan.

Setelah itu, dia hanya memperoleh kontrak kecil dalam periklanan, dan tidak ada agen periklanan yang percaya bahwa dia tidak pernah melakukan operasi untuk mempercantik parasnya.

Keadaan ini sangat mempengaruhinya, dia tidak bisa tidur nyenyak, dan berkali-kali dia pingsan sambil berlinang air mata.

Akhirnya, dia telah memutuskan untuk mengangkat suara dan wajahnya, menemukan cukup keberanian untuk mengatasi masalah ini.

Kemudian Heidi meminta agar foto itu dihilangkan dan semua kejadian malang ini segera berlalu.

[5]
bbc

“Anak-anak yang muncul dalam gambar tidak menggunakan media sosial saat ini, tapi mereka akan terpengaruh saat mereka tumbuh dewasa,” kata Heidi kepada BBC. (anggi/rp)