Erabaru.net. Bagi penggemar lagu Mandarin, tahukah kamu dengan lagu ini? Secara harfiah artinya adalah “Apakah ada botol kosong untuk dijual?” (transliterasi)

Lagu itu ditulis dari sebuah kisah nyata.

Seorang pria tua yang tuli dan bisu menghidupi dirinya dengan memulung, hidup dalam kemiskinan dan serba susah.

Suatu hari, ketika dia sedang mengumpulkan botol kosong di pinggir jalan, tanpa sengaja melihat sesosok bayi yang dibuang, dan ini membuatnya sangat bahagia, lalu dengan gembira membawanya pulang.

Setiap hari, dia memulung dengan mengumpulkan botol bekas untuk menghidupi anak yang dipungutnya itu.

Pada tahun keenam, bayi yang telah beranjak besar itu menemukan seekor anjing, kemudian dibawa pulang, diberi maka Lucky dan sejak saat itu hidup bersama dengan orangtuanya.

Setiap pagi gadis cilik dan pria tua itu berjalan di jalan-jalan sambil berteriak : “Apakah ada botol kosong untuk dijual?” Inilah sekelumit mengenai aktivitas bapak dan anak ini setiap hari.

Belakangan, seiring dengan bertambah dewasanya gadis itu, dia bertemu dengan seorang penulis lagu, dan berawal dari sinilah kemudian tumbuh benih-benih asmara dan mereka pun saling jatuh cinta.

Penulis lagu ini sangat baik pada si gadis dan orangtuanya, selagi sempat dia selalu menemani orangtua si gadis, dan perlahan-lahan gadis itu pun menggeluti dunia seni.

Bertahun-tahun kemudian gadis itu menjadi penyanyi yang terkenal dan hidup makmur.

Dia mulai menjauh dari orangtuanya karena dianggapnya hanya membuatnya malu.

Namun, penulis lagu itu sangat marah terhadap sikap gadis itu. Agar orang tua itu tidak berpikir yang bukan-bukan, dia pun sering menjenguknya.

Share

Video Popular