Erabaru.net. Kami berpikir bahwa smartphone adalah penemuan yang mudah digunakan dan tak terbatas, namun pendapat ini hanya benar di satu sisi.

Sebetulnya ini kurang adil, karena kelebihan-kelebihan yang diumumkan menerima jauh lebih banyak porsi, daripada pengaruh buruknya, yang tak terlihat, tapi sangat serius.

Selain ketergantungan yang disebabkan oleh perangkat yang tampaknya tidak berbahaya ini, ternyata ponsel juga bisa menimbulkan risiko terhadap kesehatan, mental, moral dan fisik.

Tidak peduli siapa saja, apakah Anda atau keluarga Anda yang menggunakan smartphone, silahkan baca artikel ini agar sedikitnya bisa mengurangi dampak negatif yang dibawa ponsel!

Inilah bahaya menggunakan ponsel secara salah dan berlebihan.

1. Luka dan kecelakaan

ILUSTRASI. (Internet)

Banyak dari sudah yakin bahwa kita benar-benar telah berhati-hati 100%! Ini berlaku untuk pejalan kaki dan juga untuk pengemudi.

Padahal, smartphone bisa menyedot konsentrasi dan menghilangkan banyak perhatian kita. Terbukti bahwa 43% pengguna smartphone aktif pernah bertabrakan dengan dinding ataupun terpeleset saat mereka fokus pada ponselnya.

Dan bahkan, setiap tahunnya ada sekitar 1,5 juta orang masuk rumah sakit karena menggunakan ponsel saat mengemudi.

Jadi, gunakanlah ponsel secara bijak, jangan pernah keluarkan ponsel Anda pada saat Anda perlu konsentrasi untuk hal lain!

2. Masalah dengan persendian

ILUSTRASI. (Internet)

Banyak orang menderita sindroma terowongan karpal, bahkan tanpa orang itu sadari. Bila kita menghabiskan banyak waktu di posisi yang sama, maka tendon, otot dan saraf akan “menderita”.

Jika Anda duduk berjam-jam dengan ponsel, dengan kepala menunduk menatap layar dan tangan memegang ponsel dalam satu posisi, tangan dan leher Anda sebetulnya mengambil posisi yang tidak wajar.

Jadi selamat! Anda sangat mungkin akan segera mendapatkan sakit punggung, sakit leher ataupun kejang otot.

Maka jangan lupa untuk merubah posisi serta melakukan peregangan setelah menggunakan ponsel beberapa waktu!

3. Kelelahan mata

ILUSTRASI. (Internet)

Yang tak kalah terpengaruh adalah mata orang-orang yang terus menatap layar ponsel.

Rasa letih, terbakar dan nyeri di pelipis dan kepala sebelah depan adalah gejala yang mengerikan.

Jadi, kasihanilah mata Anda dan lebih seringlah mengalihkan pandangan dari telepon, atau Anda akan tanpa Anda sadari sedang menyebabkan mata sendiri rusak.

Share
Tag: Kategori: Uncategorized

Video Popular