Erabaru.net.  Asam jawa adalah buah yang menakjubkan dengan rasa asam-asam manis. Telah digunakan oleh beberapa peradaban kuno dan merupakan buah favorit banyak orang. Ini digunakan untuk keperluan kuliner dan digunakan hampir di seluruh dunia.

Tak ayal, ini adalah buah yang nikmat dan enak dipercaya dan Anda bisa mempercayai buah ini untuk menambahkan rasa lezat pada masakan Anda.

Pohon asam biasanya ditemukan melimpah di daerah tropis; Namun, ia tumbuh di hampir seluruh belahan dunia dan juga digunakan di semua jenis masakan.

Asam dikemas dengan berbagai macam vitamin, terutama vitamin B & C, antioksidan, karoten dan mineral seperti magnesium dan potasium. Makanya, buah lembek ini dianggap sebagai gudang nutrisi.

Buah asam datang dalam polong yang berwarna coklat dan buah dengan biji terlihat di dalamnya. Daun dari pohon asam juga digunakan di banyak piring sebagai penyedap rasa.

Ada juga banyak manfaat kesehatan dari buah asam, daun asam dan bijinya. Sebagian besar dari kita hanya tahu asam sebagai bahan yang ditambahkan pada makanan kita dengan rasa tajam, tapi Anda akan terkejut dengan manfaat obat dari buah asam ini.

Membantu menurunkan berat badan

Asam jawa mengandung asam hidroksi sitrat (yang mirip asam sitrat) yang memperlambat produksi lemak dan menghambat enzim dalam tubuh yang memicu penyimpanan lemak.

Asam hidroksi sitrat juga terkandung pada tanaman lain, namun kandungan tertinggi adalah pada asam jawa.

Memperbaiki pencernakan

Konsumsi asam jawa membantu dalam kelancaran kerja sistem pencernaan dan menjaga kesehatan Anda pada tingkat optimal.

Mencegah ulkus peptik

Ulkus peptik adalah luka yang menyakitkan yang muncul di perut dan usus halus. Senyawa polifenol dalam ekstrak biji asam jawa memiliki efek protektif pada maag dan juga telah terbukti mencegah luka.

Baik untuk kesehatan jantung

Studi telah membuktikan bahwa asam jawa adalah buah yang sangat bersahabat.
Flavonoid yang ada dalam asam dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Ini juga membantu mencegah terbentuknya trigliserida dalam darah, yang juga merupakan jenis lemak. Kandungan potasium yang tinggi dalam asam jawa sangat berguna untuk tekanan darah tinggi.

Share

Video Popular