Erabaru.net. Kaum ibu banyak yang sangat memperhatikan berat badan anaknya, dapatkah kenaikan berat badan balita diprediksi seperti halnya dengan tinggi badan?

Bagaimanakah kita tahu apakah berat badan bayi sudah sesuai standar? Mari kita lihat bersama ketentuan perkembangan bobot anak.

Ketentuan pertumbuhan berat badan anak

Rata-rata bayi yang baru lahir beratnya 3,2 kg. Bobot normal bayi yang baru lahir antara 2,5 sampai 4 kg.

Untuk mengetahui apakah berat badan bayi sudah berada dalam kisaran normal, maka harus melihat jumlah minggu kelahirannya.

ILUSTRASI. (Fotolia)

Jika jumlahnya agak kecil, seperti bayi prematur berusia maksimal 37 minggu, meskipun bobotnya kecil, apabila dihitung dari jumlah minggu kelahiran prematurnya mungkin saja masih berada dalam kisaran normal.

Banyak orang mengetahui bahwa bayi yang baru lahir beberapa hari selain berat badannya tidak tumbuh, malah dibandingkan dengan berat sewaktu dilahirkan, berkurang sebanyak 10%.

Namun kebanyakan dari mereka akan kembali ke berat lahir semula dalam waktu 10 sampai 14 hari setelah kelahiran.

Setelah itu kenaikan berat badan bayi akan mengikuti ketentuan sebagai berikut.

Dari kelahiran sampai 3 bulan: bobot bertambah 30 gram per hari;

Dari usia 3 bulan sampai 6 bulan: bobot bertambah 20 gram per hari;

Dari usia 6 bulan sampai 12 bulan: bobot bertambah 10 gram per hari.

Berat badan bayi jelas akan bertambah paling cepat dalam tiga bulan pertama, beratnya bisa naik dua pound (0,88 kg) rata-rata dalam sebulan.

ILUSTRASI. (woodlandwonders.com)

Setelah itu, secara perlahan akan melambat. Kemudian dari usia 1 sampai 2 tahun berat badan akan bertambah 2,2 kilogram.

Setelah berusia 2 tahun, berat anak akan bertambah hingga 2 kg per tahun sampai pubertas (sekitar 9 sampai 10 tahun).

Bisa dilihat, pertumbuhan berat badan dan tinggi badan sama-sama bertumbuh paling cepat sebelum berusia 2 tahun dan masa pubertas.

Menurut hukum pertumbuhan seperti itu, tidak sulit untuk ditemukan bahwa bayi berusia sekitar 4 bulan, beratnya akan menjadi dua kali lipat dari saat kelahiran, pada usia 1 tahun 3 kali lipat, pada usia 2 tahun 4 kali lipat.

Share

Video Popular