Erabaru.net. Sejak tahun 2008, PBB menetapkan 2 April sebagai “Hari Peduli Autisme Sedunia atau World Autism Awareness Day”. Supaya lebih banyak orang memperhatikan para penyandang autisme di sekelilingnya.

Quek Shio Chuan, seorang sutradara asal Malaysia membuat sebuah film pendek berjudul “Guang” untuk menunjukkan bagaimana kehidupan nyata seorang kakak yang menyandang autisme ini!

Dia beranggapan bahwa orang yang menyandang autisme ini tidak seharusnya dipandang rendah, tapi mereka juga punya kemampuan yang luar biasa sama seperti orang normal lainnya!

Internet

Melalui pesan dari film ini dihimbau kepada masyarakat “Penderita autisme tidak seharusnya didiskriminasi, hidup mereka juga harus dihormati!.”

Guang adalah seorang penderita autis, dan ia kesulitan untuk berinteraksi dengan banyak orang. Tapi pemuda ini memiliki rahasia terpendam, membuat musik dari kaca.

Dalam film “Guang” ini, Wen-guang si pemeran utamanya adalah seorang penyandang autisme yang tidak bisa berkonsentrasi dengan baik, juga tidak memiliki kehidupan sosial yang normal.

Meski demikian, adik Wen guang tetap berusaha membantu kakaknya yang autis ini untuk mencari pekerjaan supaya dapat membantu perekonomian keluarganya, namun, Wen Guang selalu gagal setiap wawancara kerja karena tidak bisa konsentrasi dengan baik.

Internet

Sebenarnya, dalam benak Wen guang selalu ada sebuah keinginan yang terpendam, yakni ia berharap bisa menemukan gelas B6 berdiameter 39 cm, tinggi 51 cm, ketebalan 1.47 cm, dan frekuensi bunyi 1976 Hz.

Sang adik yang tidak tahu dengan pemikiran Wen-Guang kakaknya ini, tiba-tiba mendapat panggilan dari salah seorang temannya yang menawarkan kerjaan buat Wenguang.

Adiknya pun berusaha membawa kakaknya untuk pergi interview, tapi di tengah perjalanan, Wen guang menemukan gelas B6 impiannya.

Wenguang pun segera pulang ke rumah dengan gembira hingga lupa dengan interview yang harus dijalaninya.

Karena kejadian ini, sang adik pun marah besar dan menghardik kakaknya, “Bisa gak sih kamu seperti orang-orang normal lainnya?”

Setelah kembali ke kamarnya, Wenguang meletakkan gelas yang telah didapatnya dan membasahi mulut gelas itu, kemudian memainkan melodi yang merdu!

Adiknya yang mendengar lantunan melodi itu diam-diam membuka pintu kamarnya, dan ia baru tahu ternyata kakaknya yang autis itu punya bakat terpendam.

Ketika mendengar alunan musik yang dimainkan kakaknya diluar kamar, adik Wenguang pun tak mampu meneteskan air matanya!

Ternyata selain memiliki “pitch sempurna” dalam musik, Wen guang juga punya bakat dalam menghitung dengan akurat!

Tak disangka kakaknya memiliki bakat yang begitu hebat!

Dan sebagai orang normal, tidak seyogianya kita merendahkan orang yang menyandang autisme, namun sebaliknya kita harus mendukung mereka!

Mungkin mereka memiliki bakat luar biasa yang tak terduga! (jhn/rp)

Ettoday.net

Share
Tag: Kategori: VIDEO

Video Popular