Erabaru.net. Batu ginjal berkembang dan semakin tumbuh di dalam ginjal merupakan hal yang sering ditemukan pada orangtua saat melakukan pemeriksaan medis.

Tapi di sebuah Rumah Sakit Rakyat Provinsi Zhejiang, Tiongkok, dokter menemukan “batu ginjal” di dalam ginjal seorang bocah yang baru berusia 10 bulan.

Demam tinggi yang aneh

Dan secara mengejutkan ditemukan “Batu” di dalam ginjalnya.

Internet

“Adalah hal yang biasa anak-anak mudah terserang demam, tapi anehnya demam anak ini berlangsung selama sebulan,” kata ayah si bocah kepada dokter.

Dokter mengatakan, penyebab sebenarnya dari demam anak itu adalah infeksi saluran kemih.

Orang tuanya langsung syok dan panik melihat demam anaknya yang tidak turun-turun karena infeksi saluran kemih dan siksaan batu ginjal.

Batu ginjal yang tampak dari CT scan

Kemudian dokter menghancurkan batu tersebut dengan laser. Untungnya operasi berjalan lancar dan 3 hari kemudian, bayi tersebut diizinkan pulang.

Internet

Yu Weiwen, wakil direktur Departemen Urologi di Rumah Sakit Rakyat Provinsi Zhejiang, Tiongkok, mengatakan, banyak faktor yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Infeksi ginjal adalah salah satu diantaranya, orang awam jarang mengetahi hal ini, terutama bayi yang menderita infeksi ginjal atau infeksi saluran kemih.

Saluran kemih bayi rentan terhadap infeksi secara retrograde, bayi yang selalu memakai popok, terbungkus rapat, dan popok basah yang tidak segera diganti.

Suhu panas yang tinggi, sangat kondusif bagi pertumbuhan bakteri di sekitar selangkangan dan alat vital bayi tersebut, menyebabkan terjadinya infeksi saluran kemih dan pembentukan batu ginjal.

Dokter spesialis urologi Yu Weiwen dan si bocah 10 bulan dalam gendongan sang ayah sesaat sebelum meninggalkan rumah sakit. (jhn/rp)

Read01.com

Share

Video Popular