Erabaru.net. Bumi adalah rumah tempat bernaung kita. Sumber daya di Bumi memberikan jaminan yang dapat diandalkan untuk perkembangan umat manusia!

Saat ini, total lebih dari 7 miliar manusia tinggal di Bumi, dan jumlah ini terus bertambah.

Banyak orang yang penasaran, berapa sebenarnya jumlah manusia yang bisa ditambung oleh Bumi?

Menurut perkiraan ahli, sampai akhir abad ini, jumlah penduduk akan melebihi 10 miliar jiwa.

Namun, ilmuwan tidak yakin apakah pertumbuhan seperti ini masih akan berlanjut?

ILUSTRASI. (Internet)

Misalnya, makanan, jika semua lahan peternakan disatukan dan diletakkan di sebuah benua/daratan, ini akan menutupi segenap benua Afrika dengan luas area 8 sampai 9 miliar hektar, jauh lebih besar dari benua Afrika.

Demikian pula, jika semua lahan subur itu disatukan, luasnya hampir sama dengan Amerika Selatan, dan seiring berjalannya waktu, tanah-tanah di daerah ini akan terkikis dan memburuk, kesuburan akan hilang, yang berarti tidak cocok lagi untuk tanaman pertanian.

Dan tidak hanya demikian, para ilmuwan bahkan tidak yakin apakah petani akan bisa mempertahankan produksi mereka saat ini, karena lingkungan akan berubah.

Emisi karbon dioksida rata-rata per kapita sekitar 5 ton setiap tahun, sementara rata-rata emisi per kapita di Amerika Serikat mendekati 17 ton.

Karena itu, jika populasi Bumi meningkat menjadi 3 miliar, maka pemanasan global akan semakin meningkat.

ILUSTRASI. (Internet)

Dan menurut perkiraan, pada akhir abad ini, diperkirakan suhu global akan naik 2 derajat, dan iklim yang lebih ekstrem akan menyusul, sehingga di pastikan akan mempengaruhi produksi pangan di masa depan.

Jika orang-orang beralih dari konsumsi daging ke vegetarian, mengubah padang rumput menjadi lahan pertanian, maka situasinya mungkin sedikit berkurang.

Namun, hasil panen juga tidak mungkin dapat menopang pertumbuhan populasi yang tidak terbatas.

Kenyataannya, para ilmuwan memperkirakan bahwa hasil panen hanya akan cukup untuk mengisi perut 10 miliar manusia.

ILUSTRASI. (Internet)

Sekarang, mari kita lihat kesediaan air. Saat ini, manusia menggunakan 30% reklamasi air untuk kehidupan sehari-hari dan sisanya digunakan untuk irigasi pertanian.

Di Ethiopia, Kamboja, Haiti dan negara-negara lain, sebnagian orang yang bisa mendapatkan air bahkan tidak mencapai standar air minum.

Dan seiring dengan pertumbuhan penduduk, permintaan akan air juga akan meningkat.

Kini, jawabannya sudah diketahui, Bumi mungkin bisa menampung populasi yang besar lebih dari 10 miliar orang. Namun, kualitas hidup manusia di masa depan akan sangat memburuk. (jhn/rp)

Ifuun.com

Share
Tag: Kategori: Uncategorized

Video Popular