Erabaru.net. Pertempuran Dunkirk adalah salah satu kenangan tak terlupakan bagi Ken Sturdy, 97 tahun. Oleh sebab itu, ia sangat gelisah saat menonton film “Dunkirk” di bioskop.

Di satu sisi, ia sangat ingin melihat apakah pertempuran tersebut diceritakan secara adil – Tapi di sisi yang lain, ia juga merasa gugup karena film tersebut akan membawa kembali kenangan akan hal-hal yang ingin ia lupakan sejak tidak lagi bertugas.

Untunglah, film ini adalah bukti nyata yang dialami Sturdy di pantai Perancis. Dalam sebuah wawancara dengan Canada’s Global News, Sturdy mengungkapkan bahwa fokus utama film pada sinematografinya sempurna.

“Tidak banyak dialog. Tidak perlu dialog karena film ini menceritakan secara visual dan itu sangat nyata.” Katanya.

Film ini begitu nyata, hingga benar-benar membuat Sturdy menangis. Setelah bertahun-tahun memendam kenangannya, Sturdy mampu menghadapi kembali kenangan pertempuran itu untuk pertama kalinya setelah beberapa dekade.

Meskipun tak ada yang bisa menghentikan kenangan itu untuk kembali dalam ingatannya, Sturdy bisa merasa lega karena jalan cerita dalam Dunkirk telah diceritakan secara akurat.

Kini Sturdy mencoba untuk memberi peringatan pada generasi masa depan tentang kebenaran pertempuran itu.

Ia berkata, “Malam ini saya menangis karena ini takkan pernah berakhir. Ini tidak akan terjadi. Kita, spesies manusia yang sangat cerdas dan melakukan banyak hal menakjubkan… ”

“Jadi, ketika saya menonton film malam ini, saya melihatnya sudah pasti dengan kesedihan. Karena apa yang terjadi di masa lalu tahun 1940, itu bukanlah akhir.” (iin/yant)

Sumber: faithtap.com

Share

Video Popular