Erabaru.net. Dua orang dari Fangchenggang ingin bekerja di luar daerah. Fangchenggang adalah kota pantai yang terletak di Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, Tiongkok Barat Daya. merupakan salah satu kota perdagangan yang penting di perbatasan Tiongkok-Vietnam.

Dari dua pemuda itu satunya ingin ke Shanghai dan satunya lagi ke Beijing. Tapi, ketika keduanya menunggu di ruang tunggu stasiun untuk berangkat, mereka berdua berubah pikiran.

Karena seseorang yang duduk di sebelah mereka berkata bahwa orang Shanghai itu cerdik-licik, bertanya jalan saja dimintai uang ; Sedangkan orang Beijing ramah dan bersahaja, jika melihat orang yang tidak makan, bukan hanya memberi roti, tapi juga memberi baju.

Pemuda yang akan ke Shanghai pun merasa lebih baik ke Beijing, karena walaupun tidak bisa menghasilkan uang juga tidak akan mati kelaparan.

Untunglah saat itu keretanya belum datang, kalau tidak ia pasti sudah jatuh ke jurang, gumamnya.

Sementara itu, pemuda yang akan ke Beijing merasa bahwa Shanghai lebih baik, karena dari orang yang menanyakan jalan saja bisa dapat uang, jadi apa lagi yang tidak bisa menghasilkan uang di sana ?

Untung saja keretanya belum datang, kalau tidak saya akan kehilangan kesempatan menjadi orang kaya, katanya dalam hati.

Kemudian, mereka berdua bertemu di loket penukaran tiket dan mereka pun saling bertukar tiket. Pemuda yang tadinya akan pergi ke Beijing mendapat tiket ke Shanghai, Sedangkan pemuda satunya yang tadinya akan ke Shanghai mendapat tiket ke Beijing.

Share
Tag: Kategori: Uncategorized

Video Popular