Erabaru.net. Semua orang tahu “wire rope atau tali baja” yang banyak digunakan di gedung tinggi ini adalah semacam alat penyelamatan dari bencana kebakaran. Tapi tak disangka penemunya adalah seorang pria difabel asal Taiwan bernama Liu Da-tan (baca Liu Ta-than) yang kini berusai 62 tahun. Selain itu, masih ada ratusan temuan lainnya yang masing-masing bermanfaat untuk membantu orang-orang mengatasi masalah besar dan kecil.

Liu Da-tan lahir di Nantou, Taiwan. Saat berumur 3 tahun, karena disuntik vaksin polio yang sudah kadaluwarsa, akibatnya kedua kakinya menjadi lumpuh.

Karena miskin, sehingga tidak mampu membeli kursi roda, ia hanya bisa merangkak dan merayap seperti buaya, sehingga banyak tetangga yang mengejeknya dan mengatakan ia hanya bisa menjadi seorang pengemis, orang yang tidak berguna di masa depan, bahkan dikatai seperti “ seekor anjing”.

Namun semua hinaan itu tidak serta merta membuatnya putus asa, ia menjadikan hinaan itu sebagai pembangkit semangatnya untuk maju.

Ia belajar lebih giat dan itu dibuktikannya dengan meraih peringkat pertama dari SD hingga lulus pendidikan tinggi.

Liu Da-tan belajar menggambar mesin semasa masih duduk di bangku SMA, dan pernah mendapat medali emas dalam perlombaan di bidang tersebut.

Share

Video Popular