Erabaru.net. Suku bangsa Maya kuno percaya bahwa cokelat ditambah cabe, dapat membebaskan harapan dari dalam lubuk hati seseorang bahkan dapat mengungkap tujuan akhir kehidupan.

Konsepsi dari suku Maya itu yang diwariskan dari generasi ke generasi, dalam tradisi yang telah berkembang dari waktu ke waktu.

ILUSTRASI. Suku Maya. (img-aws.ehowcdn.com)

Secara bertahap maknanya telah terdegradasi ke sesuatu yang baru, yakni, “Yang lebih manis daripada cokelat adalah keluarga yang stabil. Ketika rasa sayang telah memudar, aroma cokelat yang wangi terasa hambar,” demikian secuplik kesan dari Film Chocolat.

Pada 2001, Films Amerika-Inggris Chocolat (bahasa Perancis) meraih 5 nominasi Academy Awards yang diadaptasi dari novel Joanne Harris dengan judul yang sama dan dibintangi oleh aktris Perancis terkenal Juliette Binoche dan Johnny Depp, pemeran utama Pirates of the Caribbean dan lainnya.

ILUSTRASI. (static.independent.co.uk)

Film ini bercerita tentang Vianne Rocher pada musim dingin 1959 dengan putrinya yang berusia 6 tahun, Anouk datang ke desa terpencil Prancis yang terisolasi dan tenang.

Warna merah menyala dari sang ibu dengan anaknya itu, menjadi sangat kontras dengan warna hitam keabuan dari kota kecil tersebut.

Suasana kota, di bawah kendali Walikota Count (bangsawan) Paul de Reynaud, seperti patung hitam yang berulang kali ditunjukkan dalam film itu, dingin, kaku, jauh dari kehangatan.

Vianne menyukai warna merah mencolok, dengan kota kecil yang didominasi oleh warna abu dan hitam serta konformis sangat tidak selaras.

Vianne di bulan paskah membuka toko cokelat, si pemilik rumah melihat dekorasi etnik yang sangat bercita rasa seni, dengan mengejek bertanya, “Apakah Anda membuka rumah bordil di Meksiko?”

Pembukaan toko cokelat juga telah menyinggung saraf sensitif Walikota Reynaud, Vianne pun mendapat peringatan dari sang bangsawan.

ILUSTRASI. (m.wsj.net)

Vianne yang selamanya tidak pernah ke gereja tetapi tidak anti-gereja, gayanya yang unik lain daripada yang lain, membuat orang ramai berprasangka.

Reynaud memprovokasi warganya untuk menjauhi Vianne dan mengutuknya untuk dipastikan akan meninggalkan kota itu sebelum hari Paskah.

Share

Video Popular