Erabaru.net. Mungkin kamu-kamu juga sangat iri dengan para bule yang memiliki bola mata berwarna hijau zamrut, biru cerah dan aneka warna lainnya !

Warna (bola) mata adalah ciri genetik multi gen yang mengacu pada warna iris mata.

Diantaranya bola mata coklat, adalah warna bola mata yang paling umum pada manusia, sementara coklat muda biasanya lebih banyak terlihat pada ras kulit di Timur Tengah.

Sementara untuk bola mata berwarna amber dan kuning lebih banyak terlihat pada masyarakat di Eropa.

Adapaun bola mata warna hijau biasanya lebih banyak terlihat pada suku bangsa Jerman, Slavia dan Celtic di dataran Eropa.

ILUSTRASI. (Internet)

Sedangkan warna biru adalah warna mata yang paling umum di Eropa, terutama suku bangsa Nordik.

Namun, yang paling unik adalah bola mata merah muda/jambu atau pink, tapi merupakan gejala penyakit, karena tidak ada pigmen dalam iris mata, hanya bisa menunjukkan warna kapiler, karena itulah disebut merah muda.

Biasanya penderita Albino memiliki iris mata merah muda.

Karena pengaruh gen, sebagian besar orang Asia memiliki warna rambut dan bola mata hitam atau coklat.

Namun, karena pengaruh budaya Barat, banyak orang Asia sangat mendambakan variasi warna rambut dan bola mata orang-orang Barat, sehingga banyak orang yang mewarnai rambut mereka.

ILUSTRASI. (Internet)

Ada juga yang suka memakai lensa kontak berwarna untuk mengubah warna bola mata mereka, tapi tahukah anda?

Kelak mungkin dengan teknologi medis super gila ini, kita bisa mengubah warna bola mata, dan perubahan warna ini permanen lhoo!

Dibandingkan dengan bola mata orang Barat yang memiliki warna biru, hijau dan banyak warna indah lainnya, sehingga banyak orang Asia merasa warna bola mata mereka yang gelap terlihat sangat kusam, karena itu, umumnya mereka memakai lensa kontak berwarna untuk mengubah warna mata mereka.

ILUSTRASI. (Internet)

Sebenarnya warna bola mata tergantung pada “iris” mata.

Dengan mengambil warna bola mata orang Asia sebagai contoh, melanin pada iris menyerap sebagian besar cahaya, sehingga membuat mata terlihat hitam atau coklat.

Selama mengubah melanin dalam iris mata, maka Anda pun bisa mengubah warna bola mata.

Kini, teknologi laser terbaru dapat menyulap bola mata Anda dari cokelat jadi biru.

ILUSTRASI. (Internet)

Dr Gregg Homer dari Stroma Medical menyatakan hal ini, ia mendapati bahwa pigmen coklat di permukaan selaput mata dapat diambil dengan cara laser, sehingga meninggalkan pigmen biru di bawahnya yang lebih tipis.

Ketika diwawancarai, dokter Gregg Homer mengatakan bahwa operasi tersebut hampir tidak akan mengganggu penglihatan semula, karena hanya disesuaikan dengan iris matrix, jadi tidak akan terjadi infeksi.

Namun, ia juga tidak menyangkall bahwa masih ada beberapa risiko operasi, dan secara alami mungkin akan ada efek samping negatif yang belum terdeteksi.

ILUSTRASI. (Internet)

Meskipun operasinya saat ini belum dikonfirmasi oleh pihak berwenang A.S. namun, sebanyak 17 orang Meksiko dan 20 orang Kosta Rika telah menjalani operasi tersebut.

Butuh waktu beberapa minggu untuk dapat mengubah iris mata sepenuhnya, dan biayanya juga cukup menguras isi dompet sekitar 67,5 juta rupiah.

Nah, teman-teman apakah akan mencobanya jika bisa mengubah warna bola mata kamu hanya dalam tempo beberapa detik operasi?

Meski warna bola mata biru dan hijau zamrut itu terlihat sangat indah, namun bola mata hitam atau coklat seperti kita juga sangat indah,bukan? (jhn/rp)

Ptt01.cc

Share

Video Popular