Erabaru.net. Ketika seorang wanita Floridian menyelamatkan seekor anjing herder berusia 2 tahun dari tempat penampungan hewan setempat, suaminya menganggapnya gila.

Namun, dua bulan kemudian, keluarga tersebut memanggil anjing itu sebagai pahlawan setelah dia mempertaruhkan nyawanya untuk melindungi anak perempuan mereka yang berusia 7 tahun pada saat yang mengancam jiwa.

Haus, anjing herder yang berusia 2 tahun, terikat dengan keluarga DeLuca sejak ia dibawa ke rumah mereka dari Penyelamatan Anjing Heidi’s Legacy di Tampa, Florida, pada Maret 2016.

Anjing itu sangat melindungi dua anak mereka, Molly, 7 tahun, dan Joey, 4 tahun.

“Dia mengikuti mereka, dia memperhatikan mereka,” kata ibu Donya DeLuca pada TODAY.

©YouTube Screenshot | ABC News

Suatu hari, Haus berkeliaran dengan Molly, yang sedang memunguti mainan anjing di halaman belakang keluarga. Tiba-tiba, Haus mulai melompat-lompat dengan panik.

Nenek Molly menyaksikan perilaku aneh Haus, dan mendekat untuk melihat keributan apa itu.

Saat itulah dia melihat seekor ular. Anjing pemberani itu telah menempatkan dirinya di antara Molly dan ular derik diamondback, sehingga bisa melindungi si kecil dari gigitan reptil berbisa itu.

“Dia terus melompat mundur dan kemudian maju… dan dia melakukannya tiga kali. Dia memiliki setiap kesempatan untuk berlari tapi dia tidak melakukannya,” kata DeLuca kepada WFLA.

©YouTube Screenshot | ABC News

Untuk melindungi Molly, Haus menanggung beban serangan ular itu. Dia berdiri tegak, dan kaki depan kanannya digigit ular tiga kali sebelum merayap menjauh.

“Jika itu Molly, yang lebih kecil, saya tidak tahu apa dia akan berhasil,” kata DeLuca kepada ABC News.

“Dia rela memberikan hidupnya untuk keluarga kami.”

©YouTube Screenshot | ABC News

Langsung setelah terkena gigitan ular berbisa, Haus mulai berjalan dengan lemas dan mengeluarkan darah deras. Dia tidak bisa menahan kepalanya dan sulit bernapas.

Haus dilarikan ke Rumah Sakit Veteriner Blue Pearl untuk perawatan. Dia diberi tetesan antirin dan obat penghilang rasa sakit.

Selain itu, dokter hewan harus memperbaiki kerusakan otot di kakinya.

“Tanpa obat sakit, dia kesakitan,” Dr. John Gicking mengatakan kepada AP. “Dia responsif, dia waspada dan kakinya bengkak dan tidak nyaman.”

©YouTube Screenshot | ABC News

Meskipun obat anti-racun itu mahal, 1.838 orang mengumpulkan untuk Haus, dan menyumbang hampir $ 52.000 melalui halaman GoFundMe untuk membantu membayar tagihan medisnya, yang jauh melebihi perkiraan awal sebesar $ 28.000.

“Kami terpesona oleh respon di masa lalu! Kami tidak bisa cukup berterima kasih atas dukungan anda! PLEASE – kami merasa kami memiliki banyak untuk merawat kebutuhan Haus,” baca update di halaman GoFundMe.

DeLuca mengatakan bahwa semua uang ekstra akan diserahkan ke penyelamatan Heidi’s Legacy dan penyelamatan anjing lainnya.

Perlahan-lahan, Haus menjadi lebih baik dan bisa pulang ke rumah. Sebagai pengakuan atas keberaniannya, dia diberi “Heroic Dog Award” dari PETA, bersama dengan tas doggie yang penuh dengan sajian.

©YouTube Screenshot | ABC News

Pada awal bulan Mei tahun ini, DeLuca memposting sebuah update di halaman Facebook the Hero the Dog Dog.

Dia menulis: “Haus melakukannya dengan sangat baik. Dia bahagia dan sehat dengan efek abadi yang sangat minim. Kami bekerja sama dengan Penyelamatan Heidi’s Legacy, dan mendorong GSD lain.”

© Facebook | Hausthehero

Sungguh lega bahwa Haus bisa menggunakan keempat kakinya lagi, dan syukurlah dia ada di sana untuk melindungi kehidupan Molly pada saat yang berbahaya itu.

© Facebook | Hausthehero

Menurut kelompok kesejahteraan hewan RSPCA, jika hewan peliharaan anda telah digigit seekor ular, segera bawa ke dokter hewan.

Kemungkinan pemulihan jauh lebih besar jika hewan peliharaan anda dirawat lebih awal, dengan beberapa hewan peliharaan yang melakukan pemulihan dalam waktu 48 jam.

Hewan peliharaan yang tidak diobati memiliki tingkat kelangsungan hidup yang jauh lebih rendah dan banyak yang mati.

Jika dokter hewan anda agak jauh, jika praktis, anda bisa menggunakan perban tekanan – perban yang kuat di atas dan di sekitar tempat gigitan – untuk membantu memperlambat racun yang menyebar ke jantung. Jangan mencuci luka atau menggunakan turniket.” (edi/rp)

www.ntd.tv

Share

Video Popular