- Erabaru - http://www.erabaru.net -

AWAS! Silica Gel Dalam Kemasan Makanan Bisa Meledak Ketika Terkena Air, Bocah 5 Tahun Ini Mengalami Kebutaan Karenanya

Erabaru.net. Dalam kemasan beberapa makanan ringan, seringkali ada sebungkus kecil silica gel.

Kita hanya tahu itu adalah sebagai pengawet makanan dan tidak boleh dimakan, tapi tahukah Anda itu sebenarnya adalah sesuatu yang berbahaya?

Baru-baru ini, di Gao’an, Provinsi Jiangxi, Tiongkok, seorang bocah laki-laki berusia lima tahun sedang menikmati makanan ringan sebungkus rumput laut.

Setelah habis ia pun bermain-main dengan menaruh solica gel yang ada di dalam kemasan makan tersebut  ke dalam gelas berisi air.

Tak disangka terjadi sesuatu yang tak terduga, silica gel tersebut meledak mengenai wajah anak tersebut, dan mata anak itu terbakar.

[1]

Malam pada 6 November lalu, bocah lima tahun bernama Rui Rui penasaran dengan silica gel dalam kemasan makanan setelah menghabiskan satu bungkus rumput laut, lalu ia pun menaruh silica gel itu ke dalam gelas berisi air.

Menurut cerita ibu Rui Rui: Anaknya menggunting bungkusan silica gel lalu menaruhnya ke dalam gelas, dan mengocoknya beberapa kali, tak lama kemudian meledak dan mengenai matanya hingga ia berteriak kesakitan.

Ibunya yang mendengar teriakan anaknya lalu segera membilas mata anaknya dengan air dan membersihkan bubuk yang masih tersisa di matanya dan segera membawanya ke dokter.

Dokter yang memeriksa anak tersebut mengatakan , “Wajah bagian kanan anak ini sudah membengkak dan kulitnya terkelupas. Mata anak ini pun menjadi buta sebelah karena terkena erosi cairan alkali.”

Setelah kejadian tersebut, anak itu menceritakan bahwa dia menaruh silica gel tersebut ke dalam gelas berisi air.

Tidak disangka benda itu meledak, mengenai mukanya, dan seketika itu juga dia sudah tidak bisa melihat karena merasakan sesuatu masuk ke dalam matanya.

[2]

Sang ibu sangat menyesal karena dia tidak memperingati anaknya untuk tidak bermain dengan silica gel, ditambah lagi cara penanganannya yang tidak tepat sehingga membuat mata anaknya menjadi buta lebih cepat.

Mengapa silika gel bisa meledak saat terkena air?

Sebenarnya kasus yang dialami Rui Rui juga pernah terjadi sebelumnya. Tapi seberapa besar sebenanrya bahaya dari silika gel ? Reporter setempat kemudian membuat eksprimen, mari kita bedah sejenak laporan terkait ini.

Benarkah silika gel bisa meledak? Reporter setempat membuat percobaan untuk membuktikannya.

[3]

Pertama-tama ia memasukkan silika gel ke dalam botol plastik, kemudian menuang air ke dalamnya, lalu ditutup, dan diguncang sebentar, satu menit kemudian tampak botol itu menggelembung, bagian bawah botol pun berubah hingga meledak secara tiba-tiba.

Mengapa botol plastik bisa meledak? Sebabnya sangat sederhana.

Komponen utama dari kapur karbon aktif desiccant adalah kalsium oksida, setelah terkena air akan terjadi reaksi kimia da menjadi kalsium hidroksida.

Suhu yang bertambah tinggi serta ditambah dengan tekanan, reaksi ini pun akhirnya menyebabkan terjadinya ledakan.

[4]

Wartawan membeli sebungkus rumput laut, dan mengambil silika gel dalam kemasan, di atasnya tertulis keterangan “Tidak boleh dimakan, tidak boleh direndam dengan air, tidak boleh dibuka, tidak boleh dijadikan mainan dan keterangan larangan lainnya”.

Jadi dihimbau sebaiknya para orangtua memberi pemahaman akan bahaya silica gel yang ada dalam setiap kemasan makanan pada anak-anaknya.(jhn/yant)

Sumber: woo22.com