Erabaru.net. Saat tidak ada uang, orang pertama yang akan menghinamu adalah keluarga sendiri. Kata-kata yang sangat realistis!

Saat kamu miskin, jangan pikir akan mendapatkan manfaat apa pun dari keluarga, ibarat seekor kuda kurus-lemah yang beriringan dengan sebarisan pasukan, dimana pada akhirnya hanya akan bernasib tragis, yakni menjadi korban santapan.

Keluarga, kata ini bisa dikata sangat menarik, terdengar hangat sekaligus dingin.

ILUSTRASI. (ahrc.org)

Waktu miskin menghina atau menindasmu, sebaliknya waktu kamu kaya malah sirik, basa-basi, benci dan menjauhimu!

Kebanyakan orang waktu dia jatuh miskin dan tidak punya apa-apa, yang pertama kali menghina adalah keluarga sendiri.

Orang yang tidak pernah merasakan derita hidup miskin itu mungkin tidak akan pernah mengerti, tapi asalkan kamu pernah miskin sekali saja, kamu langsung akan mengerti hati manusia yang sesungguhnya.

Saat kamu jatuh terpuruk, keluarga sampai yang terdekat sekalipun, bukan saja tidak akan membantumu, malah akan menghina dan melecehkanmu.

ILUSTRASI. (ferbaneyouthcafe.com)

Inilah kenyataan hidup dalam masyarakat di era sekarang. Hanya dengan mengandalkan diri sendiri, inilah yang pasti dan mutlak.

Sepertinya kalimat ini memang ada benarnya. Saat sekeluarga (sesama saudara) berkumpul bersama dan terlihat akrab, semuanya pasti akan berkata, kita ini keluarga, ini dan itulah, terdengar sangat rukun, tapi saat menemui kesulitan dan butuh uang (bantuan), semua kekentalan sesama keluarga pun sudah lenyap entah kemana.

Semuanya akan menghindar dan menjauh, bahkan nada bicara dan sorot matanya juga tidak sama lagi seperti dulu.

Hal ini jelas membuat hati ini dingin. Kalau sudah begini, jauh lebih baik mengandalkan diri sendiri, jangan terlalu berharap pada orang lain. Andalkanlah diri sendiri!

Kamu bisa tinggal di rumah kecil, makan seadanya, pakai baju seadanya, tapi kamu tidak boleh sampai tidak punya uang sama sekali!

Kalau kamu tidak punya uang sama sekali, semua orang akan menindasmu!

ILUSTRASI. (w.iaspaper.net)

Asal kamu punya uang, orang akan bilang kamu sederhana dengan memakai baju seadanya, dan orang akan bilang kamu merawat kesehatan dengan makan seadanya!

Sepuluh tahun lalu, tetanggamu akan memandangmu berdasarkan penghasilan orang tuamu.

Sepuluh tahun kemudian tetanggamu akan memandang anak dan orangtuamu berdasarkan penghasilanmu.

Inilah hidup dan sifat manusia, jadi kamu tak punya pilihan selain bekerja keras.

Masyarakat sekarang itu sangat realistis, dan hampir semuanya seperti ini, tak peduli saudara atau keluarga, atau dengan orang yang tidak berhubungan denganmu sama sekali.

Tentu saja, kita tidak perlu peduli bagaimana orang lain memandangmu, tapi dalam kehidupan sosial sekarang, kalau kamu punya uang, semua yang kamu lakukan jadi masuk akal dan semua yang kamu katakan jadi berbobot.

Share

Video Popular