Erabaru.net. Anjuran baru untuk menurunkan tekanan darah secara bermakna oleh Asosiasi Jantung Amerika Serikat (AHA).

Mengubah diet

Pencegahan tunggal yang terbukti sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah adalah diet “DASH”, yaitu makan buah, sayuran dan biji-bijian, tidak makan makanan yang mengandung kadar lemak jenuh dan lemak secara total.

Penelitian menunjukkan bahwa diet ini dapat menurunkan tekanan darah sistolik (angka teratas) sekitar 11 mmHg.

Selain itu, direkomendasikan diet rendah sodium (kurang dari 1.500 mg per hari, dengan efek terbaik yang terlihat kurang dari 1.000 mg per hari), dan makanan kaya kalium (aprikot kering, alpukat, salmon, sayuran berdaun hijau dan pisang).

Diet rendah sodium dan kalium tinggi dapat menurunkan tekanan darah sistolik kira-kira 4-6 mmHg.

Menurunkan berat badan

Berat badan ideal sebenarnya dapat dihitung secara matematis, di mana angka tersebut akan berubah berdasarkan tinggi badan dan berbeda untuk pria dan wanita. Indeks metabolisme basal yang normal dan sehat antara 18,5-24,9.

Olahraga

Latihan aerobik menghasilkan manfaat paling banyak dalam menurunkan tekanan darah.

Apa yang cukup? Para ahli mengatakan berolahraga selama 90-150 menit setiap minggu dengan denyut jantung meningkat hingga 65%-75% dari denyut jantung seseorang.

Untuk latihan kekuatan, AHA menganjurkan latihan ketahanan dinamis dan isometrik. Latihan dinamis adalah setiap latihan yang melibatkan gerakan sendi, seperti otot bisep, trisep atau latihan squat.

Para ahli mengatakan latihan beban harus dilakukan tiga kali seminggu dan manfaatnya biasanya terlihat setelah 8-10 minggu berlatih.

Semua aktivitas di atas terlihat bermanfaat bagi penderita hipertensi di mana penelitian menunjukkan terjadi penurunan tekanan darah sistolik sekitar 4-8 mmHg.

Batasi minum alkohol

Penelitian menunjukkan bahwa minum alkohol secukupnya akan menurunkan tekanan darah sistolik hingga 4 mmHg. AHA menganjurkan pria penderita hipertensi minum 2 gelas alkohol atau kurang setiap hari, dan wanita penderita hipertensi hanya minum satu gelas alkohol setiap hari.

Mengurangi minum alkohol terbukti mengurangi tekanan darah pada orang yang belum didiagnosis menderita hipertensi.

Konsultasi dengan dokter

Konsultasi dengan dokter untuk mengetahui pencegahan dan pengobatan yang tepat untuk Anda.(vivi/yant)

Sumber: rd.com

Share

Video Popular