Erabaru.net. Zaman sekarang canggih dimana teknologi bergerak lebih cepat dari manusia. Lihatlah smartphone, smart TV, remote control dengan akses suara dan banyak lagi.

Namun, yang berbahaya adalah teknologi bisa di hack.

Sekarang, terlalu banyak orang melihat menempel stiker ke webcam, mungkin Anda juga melakukannya.

Terserah Anda bahwa baru-baru ini banyak orang menyarankan Anda untuk menutup webcam di komputer dan laptop karena dikatakan bahwa peretas memiliki potensi untuk melihat dan merekam Anda tanpa Anda sadari.

Pada saat itu, lampu pada webcam tidak akan memancarkan cahaya.

Menurut Badan Keamanan Cyber ​​Malaysia, pada tahun 2016, terjadi berbagai gangguan di server Malaysia yang telah dilacak selama beberapa tahun.

Badan itu menginformasikan dan menyarankan ke publik mengenai ancaman itu meskipun  diabaikan.

Selain meng-hack webcam, teknologi semakin canggih sehingga bisa meretas mikrofon pada komputer, ponsel dan lainnya.

Jadi, dengan menempelkan pita ke webcam Anda mungkin memberi Anda rasa lega dan aman.

Sumber: collegechoice

Mungkin Anda berpikir bahwa Anda harus di-hack atau mungkin Anda tidak menargetkan mereka.

Namun, laporan tersebut menunjukkan bahwa pada tahun 2016, lebih dari 2.100 server terjual pada peretas dengan harga serendah RM29 sampai RM24,600 melalui situs cyber crime shopping xDedic, yang juga dikenal sebagai ‘cyber crime eBay’.

xDedic digunakan oleh penjahat untuk mendapatkan akses dan kata sandi untuk masuk ke server di seluruh dunia.

Di Belanda, seorang wanita dikatakan telah melecehkan gadgetnya dimana dia menemukan bahwa webcam di komputernya mengintipnya.

Dia membeli perangkat webcam untuk melihat pergerakan anak-anaknya tapi malah dia yang diamati. Saat itu, Rilana dan rekan-rekannya menyadari bahwa webcam yang dibelinya membelakanginya.

Dengan takut, ia mengambil ponselnya dan mencatat pergerakan webcam. Rupanya, perangkat Rilana telah diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Internet

Jadi jika Anda ingin merasa aman, maka tutup webcam Anda dengan pita perekat. Bahkan Mark Zuckerberg juga melakukan hal yang sama. (rp)

erabaru.com.my

Share

Video Popular