Erabaru.net. Air adalah sumber penting untuk semua kehidupan, termasuk manusia, dan bagian terpenting dari organisme. Lebih dari 70% permukaan Bumi ditutupi oleh air, karena itu, Bumi terlihat seperti sebuah planet biru yang indah ketika dilihat dari angkasa.

Meskipun sumber air Bumi itu melimpah, Namun, hanya ada sekitar 2,5% air tawar yang digunakan untuk mengairi dan memelihara organisme, dan pembentukan air tawar ini terutama dari gletser dan air bawah tanah, jadi sumber air sungai dan danau yang benar-benar bisa digunakan hanya 0,3%.

Karena ketersediaan air tawar yang terbatas, sehingga bagaimana melestarikan, menyimpan dan memanfaatkan air tawar telah menjadi isu global yang penting.

Pada tahun 1996, Organisasi Meteorologi Dunia mengemukakan bahwa “kekurangan air” akan menjadi isu yang paling penting yang dihadapi kota-kota di dunia.

Diperkirakan pada tahun 2050, sekitar 46% penduduk perkotaan di dunia akan menghadapi krisis air, bagi daerah yang kekurangan sumber air, dan dikarenakan kelangkaan air, sehingga kemungkinan semakin banyak perang meletus karena sumber air.

Share

Video Popular