Erabaru.net. Perang Dunia Kedua adalah sebuah masa yang penuh gejolak epik, dan di tengah kekacauan, banyak keluarga dari pasukan bersenjata yang tidak pernah diberitahu tentang penyebab kematian anggota keluarga mereka yang meninggal dalam perang tersebut.

Terkadang, baru beberapa dekade kemudian kisah mereka terungkap dan anggota keluarga mereka yang masih hidup merasa jauh lebih terhibur setelah mengetahuinya.

Bagi Peggy Harris, penantian untuk penjelasan ini sangat lama.

Pada tahun 1944, ketika fasisme membuat masyarakat Eropa terpecah belah, Peggy muda bertemu dengan seorang pilot berusia 22 tahun dan saling jatuh cinta.

Mereka menikah di Vernon, Texas, tapi kebersamaan mereka berumur pendek. Suaminya, Billie, dikirim ke Perancis untuk melawan Nazi, dan kemudian, setelah beberapa minggu, seluruh jejaknya menghilang.

(Foto : YouTube Screenshot | CBS News)

Selama hampir tujuh dekade, Peggy Harris menunggu kabar suaminya. Perang dunia membuatnya terlupakan, tapi hidup Peggy seakan berhenti sejak bulan Juli 1944 itu.

Pada suatu titik, ia menerima kenyataan kalau Billie pasti sudah meninggal dalam tugas, tapi hatinya masih tidak pernah melupakannya.

Pada awal tahun 2000 an, seorang kerabat akhirnya memutuskan untuk menyelidiki arsip lama dan mencari tahu persis apa yang telah terjadi pada penerbang muda tersebut.

Mereka melacak catatan militer Billie dan menemukan bahwa ia telah meninggal dalam beberapa minggu setelah tiba di Perancis. Tapi kebenaran sebenarnya bagi Peggy adalah menemukan fakta kejadian seputar kematian Billie.

Share

Video Popular