- Erabaru - http://www.erabaru.net -

6 Tip dari Psikolog Harvard yang Mempelajari Apa yang Dibutuhkan untuk Membesarkan Anak ‘Baik’

Erabaru.net. Membesarkan anak yang sesuai harapan orangtua itu tidak muda. Kami ingin berbagi mengenai enam saran tentang bagaimana merawat dan membesarkan anak Anda yang datang langsung dari para ahli di Universitas Harvard.

Luangkan waktu bersama anak-anak Anda

[1]
(Foto : Universal Pictures)

Inilah dasar dari semuanya. Anda harus secara teratur meluangkan waktu bersama anak-anak Anda, menaruh minat pada hobi dan masalah mereka, dan yang terpenting, dengarkan apa yang mereka katakan.

Anda tidak hanya akan belajar banyak tentang kepribadian unik putra atau putri Anda, namun tindakan Anda akan memberi mereka contoh bagaimana menunjukkan kepedulian dan perhatian kepada orang lain.

Selalu beritahu anak Anda kalau mereka berarti dalam hidup Anda

[2]
(Foto : blog.ideales.gr)

Menurut penelitian yang dilakukan oleh psikolog, kebanyakan anak-anak tidak tahu bahwa mereka adalah orang yang paling penting di dunia untuk orangtua mereka.

Mereka benar-benar perlu mendengar kata-kata ini dari Anda. Jangan lupa untuk mengatakannya sesering mungkin agar anak Anda merasa aman, dicintai, dan dihargai.

Tunjukkan pada mereka cara mengatasi masalah dan tidak lari dari masalah

[3]
(Foto : wearescl.co.uk)

Misalnya, jika anak Anda tiba-tiba memutuskan bahwa mereka ingin berhenti dari latihan sepak bola, mintalah mereka untuk menjelaskan mengapa mereka ingin melakukan hal ini, dan juga kewajiban yang harus mereka lakukan pada sesama rekan tim mereka.

Jika mereka masih ingin berhenti, bantulah mereka menemukan sesuatu yang baru untuk membangkitkan semangat mereka.

Latih mereka untuk membantu Anda setiap hari, dan tunjukkan bahwa Anda bersyukur atas bantuan mereka

[4]
(Foto : howtohaveastrongfamily.blogspot)

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang terbiasa mengekspresikan rasa syukur mereka lebih cenderung merasa kasihan pada orang lain, lebih bermurah hati, dan suka membantu.

Jadi ada baiknya melakukan kegiatan sehari-hari yang bisa dibantu oleh anak Anda di rumah, yang bisa Anda ucapkan terima kasih pada setiap kesempatan di hari ini.

Psikolog juga menyarankan agar anak-anak diberikan penghargaan karena kebaikan dan usaha yang mereka lakukan untuk membantu Anda.

Bantu anak Anda mengatasi emosi negatif mereka

[5]
(Foto: blog.debusana.com)

Psikolog percaya bahwa kemampuan untuk menjaga orang lain dapat ditekankan oleh emosi negatif seperti kemarahan, kebencian, rasa malu, dan iri hati.

Bantu anak-anak memahami perasaan negatif ini, hal ini juga berguna untuk menyelesaikan konflik di dalam diri mereka. Analisis diri semacam ini akan membuat anak-anak menjadi individu yang penuh kasih sayang dan perhatian. Ini juga penting untuk membangun stabilitas psikologis.

Tunjukkan pada mereka bahwa dunia ini jauh lebih besar, lebih banyak perbedaan, dan lebih menarik daripada yang bisa mereka bayangkan

[6]
(Foto: blog.fotografium)

Menurut penelitian yang dilakukan oleh psikolog, hampir semua anak hanya tertarik pada dunia kecil keluarga dan teman mereka.

Sangat penting bahwa mereka juga belajar untuk menaruh perhatian pada orang-orang dan peristiwa di luar lingkungan yang kecil ini, yang mungkin berbeda dari apa yang mereka ketahui dalam hal sosial, budaya, dan geografis.

Anda dapat membantu mereka dalam hal ini dengan belajar menjadi pendengar yang baik yang dapat menempatkan diri mereka di posisi orang lain dan merasa berempati, entah itu melalui film, foto, atau berita.

Beberapa kata penting yang terakhir dari para ahli di Harvard: “Membesarkan anak untuk bersikap sopan, perhatian, dan penyayang adalah tugas yang sangat sulit. Tapi itu bisa dilakukan oleh semua orang. Dan tidak ada hal lain di dunia ini yang sebanding dengan perasaan bahagia yang tak ternilai jika hal itu tercapai. “ (lat/yant)

Sumber: brightside.me